Langgar Sempadan, Satpol PP Toraja Utara Bongkar Bangunan di Bantaran Sungai Bersama TNI

Lanjut Andarias, kemudian melakukan konsultasi kepada Bupati Kalatiku Paembonan dengan menunggu keputusan perintah melalui beberapa pertimbangan.

Langgar Sempadan, Satpol PP Toraja Utara Bongkar Bangunan di Bantaran Sungai Bersama TNI
dok Staf TU Toraja Utara Basry Budi
Pembongkaran pondasi bangunan di bantaran sungai oleh puluhan aparat Satpol PP Toraja Utara di Lembah Keramat, Kelurahan Mentirotiku, Kecamatan Rantepao, Selasa (11/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Puluhan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Toraja Utara melakukan pembongkaran bangunan di area pinggir sungai, tepatnya di Lembah Keramat, Kelurahan Mentirotiku, Kecamatan Rantepao, Selasa (11/12/2018).

Dibantu aparat TNI Kodim 1414 Tana Toraja, dan juga personel Polsek Rantepao yang turut mengawasi.

Kasatpol PP dan Damkar Pemkab Toraja Utara, Andarias Sesa mengatakan, pembongkaran bangunan pondasi di bantaran sungai adalah tindak lanjut proses pelanggaran sempadan sungai dan jalan.

Baca: Polemik Tercecernya e-KTP dan DPT Pemilu 2019 Berubah-Ubah, Ini Kata Viryan Aziz

Baca: Sidang Dua Pelaku Pembakaran Rumah di Panampu Dijaga Ketat Polisi

"Kita sudah beri penyampaian pertama tujuh hari, penyampaian kedua dan ketiga masing-masing tiga hari tapi tidak juga dituruti surat teguran itu," tuturnya.

Lanjut Andarias, kemudian melakukan konsultasi kepada Bupati Kalatiku Paembonan dengan menunggu keputusan perintah melalui beberapa pertimbangan.

"Banyak pelanggaran yang dilanggar, termasuk penataan pengendalian bantaran sungai dan di Perpu nomor 19 tahun 2019 tentang pedoman kita terkait retribusi izin mendirikan bangunan," jelas Andarias.

Maka, atas perintah Bupati Toraja Utara, Satpol PP yang didampingi TNI, Polri, pihak Kecamatan dan Dinas terkait ikut serta terlibat dalam pembongkaran.

"Tiba di lokasi, tidak ada keributan, kami bicara baik-baik sama masyarakat setempat yang punya bangunan," tutupnya.

Andarias Sesa membawa anggotanya sebanyak 74 personel Satpol PP untuk membongkar bangunan pondasi rumah di lokasi bantaran sungai. (*)

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami:

Follow juga akun instagram official kami:

Penulis: Risnawati M
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved