Breaking News:

Dinas Koperasi dan UKM Sulsel Serahkan Sertifikat Halal untuk 26 Kelompok Usaha Kecil Menengah

Hadir langsung dalam kegiatan ini, yakni Ketua PKK Sulsel Liestiaty Fachrudin, Pj Sekda Sulsel Ashari F Radjamilo, dan Kadis KUKM Sulsel Malik Faisal.

tribun timur/saldi irawan
Kadis KUKM Sulsel Malik Faisal 

Laporan Wartawan Tribun-Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (DKUKM) Sulsel menyerahkan sertifikat halal kepada 16 kelompok UKM yang ada di kota Makassar, Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa.

Seremoni penyerahan sertifikat produk halal ini berlangsung di Hotel Gammara, Jl Tanjung Bunga, Makasssar, dalam acara Training Of Trainer kelompok UKM, Selasa (11/12).

Hadir langsung dalam kegiatan ini, yakni Ketua PKK Sulsel Liestiaty Fachrudin, Pj Sekda Sulsel Ashari F Radjamilo, dan Kadis KUKM Sulsel Malik Faisal.

Baca: Dandim Majene Harap Peringatan Korban 40.000 Jiwa Bukan Seremoni Belaka

Baca: RSUD Lasinrang Pinrang Dapat Penghargaan dari Kemen PAN-RB

Kadis KUKM Sulsel, Malik Faisal mengatakan dari 16 kelompok UKM yang mendapatkan sertifikat halal secara gratis ini, setelah dilakukan uji dan kajian oleh Bidang Pemeriksa Makanan Majelis Ulama Indonesia (PM MUI) dan Dinas Koperasi Sulsel.

Menurutnya hal ini sebagai bentuk dukungan kepada UKM, agar produk yang dipasarkan dijamin kehalalannya.

"Ini juga meringankan para kelompok UKM dalam biaya administrasi sertifikat halal. Kalau gak salah untuk mendapatkan sertifikat halal dari MUI itu sekitar 2 sampai 3 juta. Toh kalau diberikan keringanan seperti ini, modal usaha mereka tidak berkurang," kata Malik.

Lanjut Malik, dari 16 kelompok UKM yang mendapatkan sertifikat halal, didalamnya tercatat sebanyak 96 produk home industri.

Usaha Kuliner

Sebagian besar kata Malik ada pada item kuliner, dan minuman tradisional, seperti kue, jus markis, abon ikan dan beberapa produk kemasan.

Halaman
12
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved