Ombudsman Sulbar Teliti Dugaan Mal Administrasi di RSUD dan BPJS Majene

Kepala Ombudsman Sulbar, Lukman Umar menjelaskan, dugaan mal administrasi tersebut yakni penundaan berlarut terhadap

Ombudsman Sulbar Teliti Dugaan Mal Administrasi di RSUD dan BPJS Majene
Edyatma Jawi/Tribunmajene.com
RSUD Majene 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Edyatma Jawi

TRIBUNPOLMAN.COM, POLMAN -- Ombudsman Sulbar saat ini sedang menelaah dugaan mal administrasi di RSUD Majene dan BPJS Majene Cabang Polman.

Kepala Ombudsman Sulbar, Lukman Umar menjelaskan, dugaan mal administrasi tersebut yakni penundaan berlarut terhadap keluarnya pasien dari RSUD. Sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan biaya yang harus ditanggung.

"Sedang kami buat telaahannya," ujar Lukman Umar, Minggu (9/12/2018).

Dijelaskan, kasus itu dialami oleh pasien korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Ia tertahan beberapa hari di RSUD Majene. Lalu dikeluarkan setelah ada jaminan dari keluarga.

Pasien tersebut memiliki kartu BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang ditanggung APBD. Namun pengobatannya tidak ditanggung BPJS lantaran kasus KDRT. Sebab berdasarkan Perpres Nomor 82 Tahun 2018, korban KDRT tidak ditanggung.

Namun RSUD dan BPJS sempat saling memberi harapan bahwa pasien ini bisa ditanggung. Namun ujungnya, tak dapat juga menggunakan kartu BPJS PBI yang dimiliki.

"Dampaknya pasien menanggung beban rumah sakit bertambah, karena bertambah harinya yang harus dibayarkan, ini jelas merugikan pasien," katanya.

Menurut Lukman, andaikan RSUD dan BPJS cepat mengambil keputusan, biaya berobat dapat ditekan. Namun sayangnya, pasien yang jadi korban ini sudah jatuh, tertimpa tangga pula.

"Pekan depan insya Allah rampung telaahnya," katanya.

Lukman telah menyarankan agar RSUD dan BPJS memperbaiki pelayanan. Setidanya tidak menggantung harapan pasien yang butuh uluran tangan.

Penulis: edyatma jawi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved