FK Unhas Bekerjasama dengan Pemkab Tana Toraja Membangun Kesehatan di Tana Toraja

Fokus kerja sama terkait peran pengabdian masyarakat profesi dokter, terutama dalam pendampingan program 1000 Hari Pertama Kehidupan

FK Unhas Bekerjasama dengan Pemkab Tana Toraja Membangun Kesehatan di Tana Toraja
dok fk Unhas
Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae bersama Dekan FK Unhas Prof dr Budu PhD SpM, usai penandatanganan kerja sama di Hotel Sahid, Makale, Tana Toraja, Minggu (25/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI SELATAN - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin, melaksanakan rapat kerja program studi profesi dokter dan dokter spesialis di Kabupaten Tana Toraja, Jumat-Minggu (23-25/11/2018).

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penandatanganan kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) antara FK Unhas dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja untuk pembangunan kesehatan di Tana Toraja.

Penandatangan MoU ini dilakukan Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae bersama Dekan FK Unhas Prof dr Budu PhD SpM, di hotel Sahid, Makale, Tana Toraja.

Baca: Toraja Siang Hari Ini Berpotensi Hujan Ringan, Siapkan Payung

Baca: Turnamen Pasemba, Kontingen Taekwondo se Indonesia Timur Temui Bupati Nicodemus

Menurut Ketua Panitia Rapat Kerja dan Kunjungan FK Unhas ke Kab.Tana Toraja, dr Firdaus Kasim MSc, fokus kerja sama FK Unhas dan Pemkab Tana Toraja, terkait peran pengabdian masyarakat profesi dokter, terutama dalam pendampingan program 1000 Hari Pertama Kehidupan.

Hal ini menjadi sangat penting sebab Tana Toraja merupakan salah satu dari empat kabupaten dengan angka stunting tertinggi di Sulawesi Selatan menurut data tahun 2017.

“Kerja sama ini adalah merupakan salah satu upaya kolaborasi FK Unhas dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja untuk percepatan pembangunan kesehatan di Tana Toraja,” ujar Firdaus.

Selain itu turut pula dibahas pengembangan RSUD Lakipadada maupun berbagai fasilitas kesehatan lainnya di Tana Toraja untuk menjadi Wahana Pendidikan Kedokteran.

Dengan demikian masyarakat Tana Toraja dapat dilayani oleh dokter dari berbagai bidang spesialisasi yang terintegrasi dengan pendidikan profesi di FK Unhas.

Pada malam penutupan rapat kerja, dilaksanakan diskusi antara FK Unhas, Bappeda, Dinas Kesehatan serta pimpinan RS dan Puskesmas Kabupaten Tana Toraja. yang membahas masalah kesehatan di kabupaten tersebut secara lebih komprehensif yang diakhiri dengan diskusi rencana tindak lanjut.

“Diharapkan kolaborasi ini dapat menjadi model pembangunan kesehatan di Sulsel yang membutuhkan peran aktif perguruan tinggi untuk bersama pemerintah daerah melaksanakan percepatan pembangunan,” pungkas Firdaus. (*)

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami:

Follow juga akun instagram official kami:

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved