85 Warga Seleksi PPK di KPU Maros, Hanya Segini yang Lolos

Komisioner KPUD Maros, Saharuddin Datu mengatakan dari 85 peserta yang ikuti seleksi, hanya 28 diantaranya yang dinyatakan lolos

85 Warga Seleksi PPK di KPU Maros, Hanya Segini yang Lolos
ansar/tribunmaros.com
Komisioner KPUD Maros, Saharuddin Datu. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN TIMUR.COM, MAROS - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maros, mengumumkan hasil seleksi wawancara calon anggota panitia pemilihan untuk 14 kecamatan (PPK), Rabu (21/11/2018).

Komisioner KPUD Maros, Saharuddin Datu mengatakan dari 85 peserta yang ikuti seleksi, hanya 28 diantaranya yang dinyatakan lolos dan memenuhi syarat menjadi PPK.

Proses seleksi penambahan anggota PPK tesebut dipimpin oleh Ketua KPUD Maros, Syamsu Rizal tersebut berlangsung di aula media centre, Senin lalu.

"Kami umumkan peserta seleksi yang lolos tes penambahan anggota PPK. Dari 85 orang, hanya 28 yang lolos. Mereka akan penempatan di 14 kecamatan," kata Datu.

Saharuddin mengatakan, seleksi untuk penambahan calon anggota PPK tersebut, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor: 31/PUU/XVI/ 2018 tanggal 23 Juli 2018.

Putusan MK meminta, jumlah anggota PPK pada Pemilihan Umum Serentak tahun 2019 harus lima orang. Sementara jumlah anggota PPK setiap kecamatan saat ini, hanya tiga orang.

Penambahan jumlah anggota PPK juga berdasarkan perubahan Rancangan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2018.

Peraturan KPU tersebut, tentang pembentukan dan tata kerja PPK, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Sebelumnya, anggota PPK hanya tiga orang. Namun setelah ada putusan, jumlah anggota PPK bertambah menjadi lima. Makanya kami rekrut dua orang setiap kecamatan," katanya.

Meski telah melakukan penambahan anggota PPK, namun KPUD Maros masih menyiapkan 70 orang untuk dijadikan cadangan atau Pengganti Antar Waktu (PAW).

Cadangan tersebut juga tersebar di 14 kecamatan. Jika ada anggota PPK yang mengundurkan diri karena alasan tertentu, maka cadangan segera mengantikannya.

"Kami siapkan 70 orang untuk persiapan PAW jika ada yang berhalangan. Tidak boleh ada kekosongan atau pengurangan anggota PPK," katanya.

Penulis: Ansar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved