Wadahi Startup, CSR Kalla Bentuk Saoraja Hub di Nipah Mal

Konglomerasi asal Makassar, Kalla A Group of Companies melaunching sebuah wadah atau inkubator bagi pegiat startup di Sulsel

Wadahi Startup, CSR Kalla Bentuk Saoraja Hub di Nipah Mal
tribun timur/Desi Triana Aswan
CEO Kalla Group Solihin Kalla (kiri) dan Direktur Utama NET Mediatama Wishnutama (kanan) saat acara pembukaan Kalla Youth Festival (KYF) 2018 di Nipah Mall, Makassar, Jumat (9/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Konglomerasi asal Makassar, Kalla A Group of Companies melaunching sebuah wadah atau inkubator bagi pegiat startup di Sulsel dan Kawasan Timur Indonesia secara umum.

Namanya Saoraja Hub. Pusatnya di Nipah Mall Jl Urip Sumoharjo Makassar, tempat nongki berkonsep tropical modern.

Baca: Seru-seruan Bareng Strong Voter, Karusdi Caleg Gerindra Makassar Adakan Lomba Mobile Legends

Baca: Panitia Festival I Lagaligo di Soppeng Akan Temui Gubernur Sulsel, Ini Maksudnya

Presdir Kalla, Solihin Jusuf Kalla di sela grand opening, Sabtu malam (10/11/2018) menuturkan, sesuai janjinya pada Kalla Youth Fest (KYF) pertama tahun lalu, pihaknya akan membentuk sebuah wadah yang diperuntukkan untuk menggairahkan pelaku usaha rintisan atau startup di Sulsel maupun wilayah timur secara umum.

"Dan hari ini (Sabtu lalu) Saoraja Hub hadir. Ini salah satu corporate social responsibility kami. Lahirnya Saoraja Hub merupakan buah identitas SDM Kalla hari ini, yang 50 persen karyawan berusia antara 19 tahun hingga 35 tahun. Itulah kaum milenial plus," kata Solihin sapaannya.

Daniel Surya, CEO WIR Group kata Solihin banyak membantu meramu konsep Saoraja Hub ini.

"Pembukaan ini memperlihatkan Kalla adalah perusahaan sangat tua namun software-nya masih muda. Ini wadah bertukar pikiran dan berinteraksi membuat sebuah inovasi jadi bisnis kompetitif. Thanks to Pak Daniel," kata Putra Jusuf Kalla itu.

Saoraja Hub dibantu beberapa perusahaan yang bergerak di dunia digital, dan ide kreatif. Telah menyelenggarakan Saoraja Innovative idea Competition yang akan menyaring ide startup dari berbagai bidang, yang intinya dapat dibisniskan.

Daniel Surya menambahkan, wadah ini sangat berguna merangsang kaum milenial berkreasi dan berinovasi.

"Kita berkaca dengan negara tetangga, Singapura. Tiap tahun, negara tersebut memproduksi 3 ribu startup IT Hub. Nah di Indonesia bagaimana? Masih sangat minim," kata lelaki berkacamata itu.

Daniel pun memuji Saoraja Hub, sebagai wadah yang serius melindugi hak cipta dari startup yang dibuat anak negeri.

"Mungkin ini satu-satunya hub di Indonesia yang melindungi ide dan karya para anggotanya kelak dengan membantu mendapatkan HAKI," katanya. 

Halaman
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved