Kalla Group Hadirkan Saoraja Hub, Ini Tujuannya

President Director Kalla Group, Solihin Kalla mengatakan, Saoraja Hub memiliki fungsi menampung ide-ide kreatif anak-anak muda

Kalla Group Hadirkan Saoraja Hub, Ini Tujuannya
Tribun/Desi
Dari kiri ke kanan Business Development Kalla Group Sarah, Presiden Direktur Kalla Group Solihin Kalla, dan CEO-CO.Founder WIR GroupDaniel Surya, saat launching Saoraja Hub, di Kalla Youth Festival 2018, Sabtu (10/11/2018). 

TRIBUN-TIMUR. COM, MAKASSAR - Kalla Group (KG) hadirkan Saoraja Hub sebagai wadah untuk menciptakan ekosistem kekayaan intelektual dan memaksimalkan potensi digital ekonomi kreatif yang diperkenalkan di Kalla Youth Fest 2018.

President Director Kalla Group, Solihin Kalla mengatakan, Saoraja Hub memiliki fungsi menampung ide-ide kreatif anak-anak muda Indonesia khususnya yang adi di wilayah Indonesia Timur.

Solihin Kalla menambahkan pihaknya didukung oleh WIR Group dalam membuat sebuah ekosistem yang mendukung potensi digital yang saat ini digarap anak muda berprestasi.

Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang mendorong pengembangan ekonomi kreatif.

Sementara, CEO dan Co-Foubder WIR Group, Daniel Surya mengatakan, kekayaan intelektual Indonesia sangat banyak dan memiliki potensi komersial yang tinggi, di pasar domestik yang penduduknya lebih dari 250 juta, hingga internasional.

Saoraja Hub dibentuk bukan hanya untuk mencari dan mengembangkan karya intelektual dari Indonesia, tapi juga untuk mendaftarkannya di tingkat nasional dan internasional sehingga dapat memberikan hasil komersil bagi para inovator dan kreator.

"Ayo dukung kami untuk memajukan kekayaan intelektual Indonesia dan dengan Saoraja Hub kita percepat pertumbuhannya di Indonesia bagian Timur," ajak Solihin Kalla saat launching Saoraja Hub, Sabtu (10/11)

Saat ini sedikitnya terdapat tiga sub-sektor utama yang menopang ekonomi kreatif di Indonesia yakni kuliner, fashion dan kriya. Subsektor ekonomi kreatif lain yang pertumbuhannya juga bagus, antara lain film animasi dan video, desain komunikasi visual, serta aplikasi dan pengembangan game.

"Kini pertumbuhan sektor ekonomi kreatif semakin masif, tak bisa dipandang sebelah mata potensi yang ada di Indonesia, khususnya bagian timur. Karena kita punya semua, keberagaman. Tak hanya sumber daya alam tapi potensi sumber daya manusia pun masih bisa dikembangkan,” ujar Solihin.

Saat ini, Saoraja Hub akan berfokus mengembangkan Intellectual Property (IP) dan para startup di Indonesia, khususnya di Wilayah Indonesia bagian Timur.

"Kenapa di Indonesia Timur? Karena hingga saat ini belum memiliki wadah yang tepat untuk mengembangkan inovasi kreatif tersebut. Untuk itulah, KG dan WIR Group berkolaborasi mewadahi melalui Saoraja Hub, yang berpusat di Makassar, Sulawesi Selatan," jelas Solihin.

Dia menambahkan bahwa Saoraja Hub adalah rumah bagi para inovator, pencipta, dan designer dalam
pembuatan konsep dan ide sebelum filing atau pendaftaran IP. Lalu, sebagai media penghubung jaringan ke calon investor dan pembeli atau pengguna IP.

"Kami di Saoraja Hub yang akan membantu dalam menciptakan konsep dan ide, memberikan bimbingan ilmu dan bantuan untuk filing paten. Lalu, menghubungkan jaringan ke calon investor dan pembeli atau pengguna,” tutur Solihin Kalla.

Penulis: Hasrul
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved