TPAKD Sulbar Dikukuhkan, Wagub Minta UMKM Dipetakan

Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Enny Angraeny Anwar, mengukuhkan Tim Percepatan Akses Kuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sulaewesi Barat

TPAKD Sulbar Dikukuhkan, Wagub Minta UMKM Dipetakan
handover
Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Enny Angraeny Anwar, mengukuhkan Tim Percepatan Akses Kuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sulaewesi Barat, Rabu (7/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Enny Angraeny Anwar, mengukuhkan Tim Percepatan Akses Kuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sulaewesi Barat, Rabu (7/11/2018).

Pengukuhan berlangsung di ruangan pertemuan Lantai II Kantor Gubernur Jl. Abdul Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Mamuju.

Baca: Mamasa Gempa Lagi, Tiang Listrik dan Rumah di Mamuju Goyang-goyang

Baca: Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Jawa Tengah, Cek Link Resmi Berikut

Enny dalam sambutannya mengatakan, TPAKD ini terbentuk berdasarkan keputusan gubernur nomor 188.4/592/SULBAR/IX/2017 tanggal 19 September 2017 tentang pembentukan TPAKD.

"TPKAD Sulbar ini adalah TPKAD ke-75 terbentuk di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia," katanya dihadapan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VI Sulawesi Maluku Papua (Sulampua), Zulmi, para pimpinan bank di Mamuju dan sejumlah kepada OPD.

Dia berharap lembaga jasa keuangan  memperluas jaringan kantor di daerah Sulawesi Barat sehingga memudahkan akses masyarakat terutama pelaku usaha sektor, pertanian, UMKM dan nelayan.

"Pemerintah daerah juga perlu melakukan pemetaan pelaku UMKM yang potensial untuk difasilitasi mengakses produk jasa keuangan.  Dan mensosialisasikan secara intensif produk jasa keuangan yang bersuku bunga murah juga mudah diakses oleh masyarakat,"ujarnya.

Dia juga meminta OJK dapat mengkoordinasikan dengan industri keuangan bersama pemerintah daerah untuk percepatan realisasi dari program akses keuangan untuk pelaku UMKM.

Seperti KUR, asuransi usaha pertanian, dan lembaga keuangan mikro.

"Untuk mengoperasikan TPAKD ini, salah satu kuncinya adalah dukungan alokasi dana dari APBD pemerintah sehingga keberadaannya dapat efektif dan berjalan produktif meningkatkan akses keuangan yang lebih luas di daerah,"katanya.

Baca: Besok, Dua PAW Anggota DPRD Bantaeng Dilantik

Baca: Rocky Gerung Bicara, Lihat Detik-detik Budiman Sudjatmiko dan Burhanuddin Muhtadi Tinggalkan Tempat

Dalam acara tersebut, dirangkaikan dengan penyerahan fasilitas kredit usaha secara simbolis dari Bank Sulselbar, BNI, BRI, Mandiri kepada pelaku UMKM.

Juga penyerahan polis asuransi nelayan dan klaim asuransi nelayan secara simbolis dari PT Asuransi Jasa Indonesia kepada nelayan.

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami: 

Follow juga akun instagram official kami: 

Penulis: Nurhadi
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved