Pilpres 2019

Sandiaga Uno: Akses Modal dan Infrastruktur Digital Masih Fokus di Jawa dan Jakarta

Acara Malam Minggu bersama Sandi di kawasan kuliner Millennial ibukota terbesar di Timur Indonesia ini, ada sekitar 120-an relawan Muda Sandi

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Ruang kreativitas bagi generasi Millenial, khususnya pelaku usaha digital; startup, dinilai belum merata di Indonesia.

Akses infrstruktur digital, bandwith, permodalan, dan regulasi dinilai masih lebih banyak di pulau Jawa dan Jakarta.

Calon Wakil Presiden Nomor urut dua, Sandiaga Salahuddin Uno (45), menjanjikan pemerintahan Indonesia ke depan, harus membuka keran akses digital bagi generasi millenial.

Calon Wakil Presiden RI, Sandiaga Salahuddin Uno (kaos biru) pun menjadi viral di sosial media saat berkunjung ke Warung Kopi Az Zahrah, Jl Bandang, Kota Makassar, Minggu (4/11/2018).
Calon Wakil Presiden RI, Sandiaga Salahuddin Uno (kaos biru) pun menjadi viral di sosial media saat berkunjung ke Warung Kopi Az Zahrah, Jl Bandang, Kota Makassar, Minggu (4/11/2018). (HANDOVER)

Baca: Caleg Ini Tiru Cara Unik Sandiaga Uno Minum Kopi yang Lagi Viral

"Kita berharap pemerintah kedepan bisa mengakses anak-anak milenial timur lebih massif lagi, artinya kalau di Jakarta dan Jawa ada Go-jek, Bukalapak, Traveloka, dan lain-lain, sebenarnya di timur khususnya di Makassar juga bisa demikian," kata Sandiaga Uno di hadapan sekitar 5000-an anak muda yang tergabung dalam Relawan Muda Sandi di Pasar Segar, Panakkukang, Makassar, Sabtu (4/11/2018), malam.

Dalam rilis yang dikirim Ismail Bachtiar, Koordinator Relawan Muda Sandi yang diterima Tribun Timur, Selasa (6/11/2018) terungkap, akses modal dan infrastruktur digital dinilai masih sentralistik.

Informasi gempa bumi hari ini 5,5 SR di Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (6/11/2018).
Informasi gempa bumi hari ini 5,5 SR di Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (6/11/2018). (TWITTER.COM/INFOBMKG)

Dia mencontohkan, IP Address untuk kabupaten/kota dan kecamatan di timur Indonesia, masih teregister di ibu kota provinsi. 

Di Sulsel, misalnya, yang memiliki 24 kabupaten/kota, IP Addressnya oleh Google Analitycs masih tercatat di Makassar. 

Hal serupa juga terjadi di Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Tenggara. 

Baca: Mamasa Diguncang Gempa 5,5 SR - Trauma, Warga Mamasa Dirikan Tenda Pengungsian

Pencatatan IP Address atau identitas pengakses internet ini jauh berbeda dengan di Jawa, yang kadang sudah masuk di wilayah kecamatan tertentu.

Selain internet, akses permodalan juga masih terfokus di Jawa dan Jakarta. " Selama ini akses capital venture masih fokus di Jawa, padahal semangat dan juang pemuda di timur Indonesia, tak kalah besarnya," kata Sandi sebagaimana dikutip Ismail Bachtiar yang juga co-founder Rektor Institute, Makassar ini.

Presiden RI, Jokowi bersama Menteri BUMN, Rini Sumarno; Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman; dan Jaksa Agung, M Prasetyo saat meninjau gudang beras.
Presiden RI, Jokowi bersama Menteri BUMN, Rini Sumarno; Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman; dan Jaksa Agung, M Prasetyo saat meninjau gudang beras. (DOK KEMENTAN RI)

Dia menggambarkan, akses infrastruktur dan capital venture bagi pelaku usaha di industri kreatif digital ini, selalu jadi isu yang dikemukakan Sandiaga dalam setiap kesempatan dialog dengan pemuda dan generasi millenial.

Di acara Malam Minggu bersama Sandi di kawasan kuliner Millennial ibukota terbesar di Timur Indonesia ini, ada sekitar 120-an relawan Muda Sandi yang datang khusus dari Papua dan Maluku.

"Kita kumpulkan kurang lebih 30 teman-teman komunitas penggerak sosial dan penggiat ekonomi UKMK di Sulsel, Sulbar dan Palu," kata Ismail yang juga kader dan calon anggota legislatif dari Partai Keadilan Sejahterah (PKS) di Bone ini.

Hadir juga di acara itu, antara lain Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel Idris maggabarani, tim pemenangan Prabowo-Sandi di Sulsel, Andry Suryana Arief Bulu, dan mantan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang.

Penulis: Abdul Azis
Editor: Thamzil Thahir
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved