Dinas Perpustakaan Maros Road Show Gerakan Membaca di Kecamatan

Kegiatan yang dipusatkan di aula Kantor Kecamatan Bantimurung tersebut, merupakan kali ke 12 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Dinas Perpustakaan Maros Road Show Gerakan Membaca di Kecamatan
HANDOVER
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maros, road show gerakan gemar membaca dan literasi sekolah, untuk pelajar di Kecamatan Bantimurung. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN-TIMUR.COM, MAROS - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maros, road show gerakan gemar membaca dan literasi sekolah, untuk pelajar di Kecamatan Bantimurung dan Cenrana, Rabu (31/10/2018).

Kegiatan yang dipusatkan di aula Kantor Kecamatan Bantimurung tersebut, merupakan kali ke 12 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Sekira 150 peserta hadir dari dua kecamatan tersebut. Selain siswa, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh guru pendamping SD dan SMP.

Hadir sebagai pembicara yakni mentor literasi sekolah sekaligus Kepala SMP 2 Unggulan Maros, Dr Jabaruddin Pasuloi, Pendongeng nasional Puguh Herumawan.

Baca: 100 Pengendara Terjaring Razia Hari Pertama Operasi Zebra di Luwu Utara

Baca: Setda Hukum Pemkab Pinrang Sosialisasi Pajak Rokok di Aula Bupati

Baca: Jelang Seri Gymkhana Kalimantan, Toyota Agya TTI Pimpin Klasemen

Jabaruddin meminta sekokah memanfaatkan keterbatasannya. Sekolah harus berfikir, tempat membaca itu bukan hanya di perpustakaan. Tapi ada sejumlah tempat lain.

"Kalau bukan di perpustakaan, kita juga harus membaca di tempat lain. Ada namanha gerobak baca, taman baca dan warung baca. Itu semua merupakan inovasi Dinas Perpustakaan," katanya.

Inovasi Dinas Perpusatakaan tersebut, akan lebih merangsang daya baca siswa.

Sementara Herumawan bercerita dan membawakan dongeng sebagai satu literasi tutur atau lisan.

Baca: Segini Perolehan Suara Anggota DPRD Soppeng Pileg 2014

Baca: Hari Ini Polres Palopo Operasi Zebra di Jl Mangga

Menurut Heru, literasi bukan hanya membaca. Tapi bertutur juga adalah literasi. Apalagi teknik mendongeng bisa menjadi media pembelajaran yang efektif dan kreatif.

Halaman
12
Penulis: Ansar
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved