Liga I

Madura United vs PSM Makassar Dipimpin Mustofa Umarella, Ini Rekam Jejaknya

Usai menggondol lisensi C1, dirinya dipercaya untuk memimpin empat laga di Piala Presiden 2016 lalu

Madura United vs PSM Makassar Dipimpin Mustofa Umarella, Ini Rekam Jejaknya
Mustafa Umarella 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Laga antara tuan rumah Madura United vs PSM Makassar akan berlangsung, Senin (29/10). Pertandingan ini akan disiarkan secara live di Indosiar pukul 19.30 Wita.

Pertandingan ini nantinya akan dipimpin oleh wasit Mustofa Umarella. Siapa Mustofa Umarella?

Dia adalah pemegang lisensi C1 (tingkat nasional). Dia sudah malang melintang menjadi wasit di berbagai pertandingan sepakbola nasional di Indonesia.

Musthofa merupakan keturunan keluarga yang juga bergelut dalam dunia sepakbola. Ayahnya juga adalah mantan wasit sepakbola di Indonesia.

Mustofa kecil awalnya seperti kebanyakan anak laki-laki lainnya, ingin menjadi pemain sepakbola. Akan tetapi dirinya harus mengubur impiannya itu, setelah menginjak usia 18 tahun tak ada perkembangan.

Secara tidak langsung, impiannya menjadi pemain sepakbola nasional harus kandas. Namun pria yang kini menginjak usia 32 tahun ini tak ingin meninggalkan dunia sepakbola yang sudah digelutinya.

Akhirnya Musthofa berpikir untuk mengikuti jejak sang ayah, yang telah berlisensi C2 (tingkat provinsi). Dirinya langsung mengambil kursus wasit lisensi C3 sebagai pelabuhan hatinya.

Karier Musthofa sendiri bisa dibilang cemerlang. Pasalnya dalam lima tahun saja sang pengadil asal Jakarta itu mengalami grafik menanjak di dunia perwasitan, bahkan telah mengantongi lisensi C1 ketika usianya meninjak 25 tahun.

Usai menggondol lisensi C1, dirinya dipercaya untuk memimpin empat laga di Piala Presiden 2016 lalu. Puncak pertamanya adalah saat Mustafa dipilih menjadi Wasit Terbaik Piala Presiden 2017.

Oleh sebab itu ditahun yang sama, Mustafa mendapat mandat dari PT Liga Indonesia Baru untuk memimpim laga pembuka Liga 1 antara Persib Bandung melawan Arema FC, April lalu.

Wasit kelahiran 15 Mei 1986 ini juga pernah aktif berkecimpung di dunia futsal. Dari mulai turnamen skala kecil, level nasional, hingga level profesional (Pro League Futsal 2016).

Namun, karir Mustofa sempat tercoreng kala memimpin pertandingan antara Persib Bandung vs Arema FC pada pembukaan Liga I 2017 lalu. Kala itu, ia tidak mengesahkan gol yang dicetak oleh Christian Gonzales ke gawang Persib Bandung. Akibatnya, pertandingan berakhir 0-0.

Kubu Arema kemudian melayangkan protes ke PSSI. Hasilnya, PSSI langsung bersikap tegas dengan mengistirahatkan Mustafa Umarella.(*/tribun-timur.com)

Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved