Kantor Kemenkumham Sulsel Gelar Pembinaan Desa Sadar Hukum di Selayar

Ada satu desa di Selayar yang telah mendapat predikat sebagai Desa Sadar Hukum, yaitu Desa Bontomarannu tahun 2011

Kantor Kemenkumham Sulsel Gelar Pembinaan Desa Sadar Hukum di Selayar
TRIBUN TIMUR/NURWAHIDAH
Kantor Wilayah Kementerian hukum dan HAM Sulsel tahun 2018 menggelar pembinaan Desa sadar hukum melalui temu sadar hukum Kabupaten Kepulauan Selayar di Ruang Pola, Kantor Bupati, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar ( Sulsel), Jumat (26/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunSelayar.com, Nurwahid

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG -  Kantor Wilayah Kementerian hukum dan HAM Sulsel tahun 2018 menggelar
pembinaan Desa Sadar Hukum melalui temu sadar hukum Kabupaten Kepulauan Selayar di Ruang Pola, Kantor Bupati, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar (Sulsel), Jumat (26/10/2018).

Dihadiri asisten II Selayar Arfan Arief, pasi Inteldim 1415 Selayar Lettu Kav Abdul Rasyid, asisten Pemerintahan Setda Kepulauan Selayar Drs Suardi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Selayar Andi Patonrangi Pasbal, para peserta dari tiap Desa dan undangan lainnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian hukum dan HAM Sulsel Imam Suyudi mengatakan, setiap anggota masyarakat dan aparat Desa/Kelurahan harus menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya, memperhatikan budaya hukum dalam sikap dan perilakunya secara sadar, serta patuh dan taat terhadap hukum demi tegaknya supremasi hukum.

"Selain itu, pembangunan di bidang hukum merupakan sektor prioritas pembangunan Nasional dengan mengembangkan budaya sadar hukum di semua lapisan, baik aparatur maupun masyarakat sampai tingkat keluarga, demi terciptanya kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan, pembangunan dan pengembangan budaya sadar hukum diarahkan untuk membentuk sikap dan perilaku masyarakat yang memahami hak dan kewajibannya, sebagai individu dan Warga Negara dalam mengimplementasikan nilai dan norma yang terkandung dalam falsafah Negara yaitu Pancasila, agar kesadaran, ketaatan," tuturnya.

Ia menambahkan, di Kepulauan Selayar saat ini ada empat Desa Binaan, yaitu Desa Bungayya, Desa Kohala, Desa Polebunging, dan Desa Bontolebang.

Selain itu ada satu Desa yang telah mendapat predikat sebagai Desa Sadar Hukum, yaitu Desa Bontomarannu tahun 2011.

"Semoga pada tahun ini atau kedepannya akan bertambah jumlahnya, bahkan bisa meningkat statusnya dari Desa Binaan menjadi Desa Sadar Hukum, yang tentu saja harus menggunakan ataupun menyesuaikan dengan Kriteria-kriteria yang baru,

"Jadi dengan kata lain, apabila pada tahun 2018 ini atau Tahun 2017 yang lalu sudah ada usulan peresmian atau penetapan Desa/Kelurahan Sadar Hukum dari Kabupaten-kabupaten, maka penetapan Desa/Kelurahan Sadar Hukum tersebut harus dilakukan dengan syarat bahwa desa yang diusulkan itu telah melakukan penilaian kembali menggunakan kriteria baru," harapanya.

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami: 

 Follow juga akun instagram official kami: 

..

Penulis: Nurwahidah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved