MARSS Tagih Janji KPK Tuntaskan Kasus Korupsi di Sulsel

Ada beberapa kasus korupsi di Sulsel yang telah disupervisi oleh lembaga rasuah itu, sampai saat ini tidak ada perkembangan.

MARSS Tagih Janji KPK Tuntaskan Kasus Korupsi di Sulsel
TRIBUN TIMUR/HASAN BASRI
Sejumlah lembaga dan akademisi yang tergabung dalam Masyarakat Anti Korupsi Sulawesi Selatan mengkritisi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Sejumlah lembaga dan akademisi yang tergabung dalam Masyarakat Anti Korupsi Sulawesi Selatan mengkritisi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK terkesan tidak memiliki taring lagi dalam penanganan kasus tindak pidana korupsi di Indonesia, khusus di Sulawesi Selatan.

Pasalnya, ada beberapa kasus korupsi di Sulsel yang telah disupervisi oleh lembaga rasuah itu, sampai saat ini tidak ada perkembangan.

Baca: Gubernur Sulsel, Wakil Ketua KPK dan Mahfud MD Bahas Pemberantasan Korupsi di Makassar

"Ada beberapa kasus tipikor yang diadvokasi masyarakat sipil dan mendapat sorotan luas, tetapi tidak ada perhatian. Bahkan sudah terang kerugian negara dan aktor atau tersangka," kata  perwakilan MARSS, Abdul Mutalib.

Direktur Lembaga Anti Corruption Commitee (ACC) Sulawesi ini juga mengaku sudah beberapa kali menyurati lembaga anti rasuah itu. Tetapi KPK hanya membalas dengan surat tanpa ada progres dan tindakan nyata.

Baca: Fungsi Koordinasi - Supervisi KPK Belum Maksimal, Ini Sikap Masyarakat Anti Korupsi

Berdasarkan catatan MARSS ada beberapa kasus di Sulsel yang disupervisi KPK yakni kasus dugaan korupsi
reklamasi Center Point of Indonesia (CPI) di Pantai Losari. Pembebasan Lahan
Bandara Mangkendek Toraja.

Kasus penyewaan  lahan negara di Kelurahan  Buloa, Kecamatan Tallo, Makassar. Korupsi Alkes Pangkep dan Pembangunan Laboratorium Olahraga Fak Teknik UNM.

"Fungsi koordinasi dan suvervisi KPK terhadap kasus yang ditangani Kejaksaaan dan Kepolisian sudah tidak maksimal dalam membongkar secara utuh kasus itu," sebutnya.

Talib berharap penanganan korupsi di Indonesia khususnya di Sulsel ada action dari KPK. Musabahnya pelaku korupsi jalan terus karena tidak ada pengawasan.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved