FKG Unhas Lakukan Perawatan Orto Cekat Gratis untuk Anak Pascaoperasi Bibir Sumbing

Kualitas hidup seseorang sangat dipengaruhi oleh proses tumbuh kembang di masa kanak-kanak.

FKG Unhas Lakukan Perawatan Orto Cekat Gratis untuk Anak Pascaoperasi Bibir Sumbing
CITIZEN REPORTER
Dosen FKG Unhas, Dr drg Eka Erwansyah MKes SpOrt di Pusat Penelitian, Pelatihan dan Perawatan Myofunctional, Ranco Cucamonga, Los Angeles, Amerika Serikat. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Kualitas hidup seseorang sangat dipengaruhi oleh proses tumbuh kembang di masa kanak-kanak.

Salah satu masalah yang cukup banyak dihadapi anak-anak Indonesia adalah permasalahan dalam tumbuh kembang sekitar wajah dan mulutnya.

Ada cukup banyak anak-anak menderita kelainan tumbuh kembang rahang dan wajah. Kelainan dapat berupa ketidakteraturan gigi dan rahang hingga cacat wajah seperti kasus bibir sumbing dan langit-langit. Kasus seperti ini sangat mempengaruhi hidup si Anak terutama kehidupan sosialnya.

Umumnya penderita kelainan ini berasal dari keluarga yang kurang mampu. Akibatnya perawatan menjadi barang yang sulit dijangkau khususnya jenis perawatan Ortodonti (kawat gigi) yang masih tergolong mahal.

Departemen Ortodonti FKG Unhas dan RSGM Unhas bekerjasama dengan Ikatan Ortodontis Sulawesi Selatan menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda akan mengadakan Perawatan Ortodonti (Kawat Gigi) pada penderita bibir Sumbing dan langit-langit.

"Perawatan Orto akan dilakukan oleh para Dokter Spesialis Ortodonti. Perawatan dilakukan dengan alat Ortodonti cekat. Semua biaya free alias gratis,"kata Ketua Departemen Ortodonti, Dr drg. Eka Erwansyah MKes SpOrt, Rabu (24/10/2018).

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menyongsong pembukaan Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Ortodonti Unhas yang direncanakan dibuka tahun depan.

"Kami para Ortodontis di Sulsel merasa terpanggil untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat melalui keahlian yang kami miliki,"tambah Ketua Ikatan Ortodontis Sulsel, Dr drg Eddy Heriato Habar SpOrt.

Program ini direncanakan terus berlanjut tanpa batas jumlah pasien. Hanya saja, jika peminat banyak, maka para keluarga pasien perlu bersabar karena akan ada antrian perawatan.

Perawatan diprioritaskan pada pasien yang telah menjalani operasi bibir sumbing dan gigi-gigi permanennya sudah tumbuh sempurna.

Bagi masyarakat yang berminat, disilakan menghubungi Klinik Ortodonti RSGM Unhas Jl. Kandea. Makassar. Hari senin sampai jumat, jam 09.00-15.00.(*)

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved