Tenun Songket Bali Magis Dilirik Istri Gubernur Sulsel

Liestiaty pun berharap tenun Bali Magis bisa go internasional dan memperkenalkan wajah kain di Sulawesi Selatan.

Tenun Songket Bali Magis Dilirik Istri Gubernur Sulsel
HANDOVER
Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sulsel dan Ketua TP PKK Sulawesi Selatan Liestiaty F Nurdin dengan desainer tenun dan songket, Anna Mariana di Denpasar Bali. 

Laporan wartawan Tribun-Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Pemprov Sulawesi Selatan dan Pemprov Bali kembali melanjutkan program tenun dan songket Bali Magis (Makassar-Bugis).

Hal itu ditandai dengan pertemuan Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sulsel dan Ketua TP PKK Sulawesi Selatan Liestiaty F Nurdin dengan desainer tenun dan songket, Anna Mariana di Denpasar Bali.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari program kerja dan nota kesepahaman di masa transisi Penjabat Gubernur Sulsel, Sumarsono pada Agustus lalu.

Informasi yang diterima tribun-timur.com, melalui Humas Pemprov Sulsel, Liestiaty Nurdin mengaku senang atas pertemuan itu.

Menurutnya, di Sulawesi Selatan sendiri, sejak lama sudah memiliki banyak jenis songket, seperti dari Bone, Toraja, Bulukumba.

Baca: Demi Pengembangan Sutera, Deputi Menko Perekonomian Kunjungi Soppeng

“Dengan adanya kerja sama pembuatan tenun dan songket Bali Magis, kami sangat berharap Bu Anna bisa sekaligus membina pengrajin-pengrajin kami di Sulawesi Selatan. Supaya motif dan design wastra tradisi dari kami bisa menjadi jauh lebih berkembang,” kata istri Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah (NA) ini.

Liestiaty pun berharap tenun Bali Magis bisa go internasional dan memperkenalkan wajah kain di Sulawesi Selatan.

Tak hanya itu, Liestiaty bahkan berinisiasi agar tenun Bali Magis ini bisa di kenakan saat hari kerja.

“Kalau selama ini dalam seminggu ada hari penggunaan baju batik, saya berharap ada pula hari untuk menggunakan pakaian khas daerah Sulsel. Ini sekaligus bisa jadi bagian untuk mempromosikan karya tenun dan songket kita, dan membantu pengrajin di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved