VIDEO ON DEMAND

VIDEO: Detik-detik Angin Puting Beliung di Terminal Bonea Kepulauan Selayar

Angin puting beliung terlihat di Terminal Bonea di Jl Pahlawan No 109, Kelurahan Benteng Utara, Kecamatan Benteng

Laporan Wartawan TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG-Angin puting beliung terlihat di Terminal Bonea di Jl Pahlawan No 109, Kelurahan Benteng Utara, Kecamatan Benteng, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (19/10/2018).

Kepala UPT Terminal Bonea Selayar Andi Eka Putera Rindam mengimbau warga Selayar tetap tenang dengan adanya angin puting beliung yang terjadi.

"Saya mengimbau pada warga agar tetap tenang. Kejadian seperti ini sudah pernah terjadi di Terminal tapi puting beliung yang kecil, lebih kecil yang terlihat pada hari ini," kata Andi Eka Putera Rindam.

Menurutnya hal ini biasa terjadi jika musim panca robah. Pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu di antara musim penghujan dan musim kemarau.

"Angin puting beliung sering terjadi pada Siang hari atau Sore hari pada musim pacaroba. Angin ini dapat menghancurkan apa saja yang diterjangnya, karena dengan pusarannya benda yang terlewati terangkat dan terlempar,

"Karakteristik angin beliung Puting beliung merupakan dampak ikutan awan Cumulonimbus (Cb) yang biasa tumbuh selama, periode musim hujan, tetapi tidak semua pertumbuhan awan CB akan menimbulkan angin puting beliung. Kehadirannya belum dapat diprediksi. Terjadi secara tiba-tiba 5 sampai 10 menit pada area skala sangat lokal," tuturnya.(*)

Penulis: Nurwahidah
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved