Songkok Recca Dipatenkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Hal tersebut diputuskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI yang ditandai dengan sertifikat.

sanovra/tribuntimur.com
Calon Wakil Presiden RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Gunakan Songkok Recca') menghadiri silaturahmi dan Dialog Ekonomi yang berlangsung di Hotel Grand Shayla Novotel, Jl Chaeril Anwar, Makassar, Sulsel, Minggu (19/8). Dalam acara dialog itu, ratusan warga Makassar dan sekitarnya memadati lokasi acara dan berlangsung interaktif. Mantan wakil Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan apa saja yang ia tawarkan kepada bangsa Indonesia terkait pencalonannya dalam Pemilihan Presiden tahun depan. 

Laporan Wartawan TribunBone.com Justang Muh

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG BARAT - Songkok Recca atau dikenal juga dengan songkok to Bone sudah dipatenkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia asal Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone.

Hal tersebut diputuskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI yang ditandai dengan sertifikat.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Bone St Rosnawati menuturkan dengan adanya pengakuan sertifikat langsung dari Kemdikbud RI menjadikan songkok recca tidak bisa diklaim pihak lain.

"Songkok recca baru saja ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda dari Kemdikbud RI, ini pengakuan bahwa songkok recca murni dari Bone," kata St Rosnawati ditemui di ruangannya, Jl Sukawati, Kecamatan Tanete Riattang, Jumat (19/10/2018).

"Semoga ke depan bisa menjadi budaya tak benda yang diakui dunia oleh UNESCO," kata St Rosnawati.

Selain Songkok to Bone, Sirawu Sulo atau Sirempek Api juga ditetapkan sebagai warisan warisan budaya tak benda Indonesua.

Sebelumnya, Kabupaten Bone mengusulkan tiga warisan budaya tak benda, yakni Songkok Recca, Sirawu Sulo, dan Mattompang Arajang.

Penulis: Justang Muhammad
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved