Gempa Palu Donggala

VIDEO: Heli MI-8 Semprotkan Disinfektan ke Wilayah Terdampak Likuifaksi Palu

Material disinfektan diisi ke dalam bucket atau ember yang telah dipersiapkan personel TNI melalui mobil tanki.

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Helikopter MI-8 memulai melakukan "water-bombing "atau pengemboman material disinfektan di wilayah terdampak likuifaksi, seperti Petobo, Balaroa, dan Jono Oge, Sulawesi Tengah, Kamis (18/10/2018).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pengemboman menjadi langkah yang efektif, karena cakupan wilayah yang luas dan kondisi lapangan yang berpotensi terjadi amblesan.

"BNPB mengirimkan helikopter untuk membantu operasi water-bombing yang dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Kementerian Kesehatan dan Kesehatan TNI," sebutnya dalam rilis.

Material disinfektan diisi ke dalam bucket atau ember yang telah dipersiapkan personel TNI melalui mobil tanki.

Baca: VIDEO: Anak Pertamanya Hilang, Begini Cerita Pengungsi Korban Gempa Palu di Jeneponto

Penanganan wilayah terdampak likuifaksi tidak hanya melalui pengemboman udara, tetapi juga foggingatau penyemprotan oleh para personel di darat.

Langkah tersebut telah dilakukan di wilayah-wilayah yang dapat dijangkau di Petobo dan Balaroa.

Penyemportan juga di halaman rumah sakit yang digunakan untuk pengumpulan jenazah yang berhasil dievakuasi, seperti RS Undata, RS Madani, dan RS Bhayangkara.

"Tindakan ini merupakan upaya untuk membasmi vektor yang dapat mengancam kesehatan lingkungan. Namun untuk solusi jangka panjang, penimbunan wilayah terdampak likuifaksi harus segera dilakukan," tuturnya. (San)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved