Pemilu 2019

Bawaslu Bulukumba Temukan Ratusan APK Caleg Melanggar Aturan

Temuan ini berdasarkan hasil pengawasan Panwaslu Kecamatan Bulukumpa melalui Divisi Pengawasan dan Hubungan antar lembaga

Bawaslu Bulukumba Temukan Ratusan APK Caleg Melanggar Aturan
TRIBUN TIMUR/FIKRI ARISANDI
Baliho calon DPR RI, Akbar Faisal, berukuran sekitar 2x4 meter. Berdiri tegak di pinggir Jl Sulthan Dg Radja, sekitar 250 meter dari Bundaran Pinisi Bulukumba. 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Sedikitnya 117 alat peraga kampanye (APK) pemilu 2019 yang terindikasi melanggar peraturan perundang-undangan, tersebar di Kecamatan Bulukumpa, sekitar 36 kilometer utara kota Bulukumba.

Temuan ini berdasarkan hasil pengawasan Panwaslu Kecamatan Bulukumpa melalui Divisi Pengawasan dan Hubungan antar lembaga, Syamsuddin S, bersama dengan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan dan desa se-Kecamatan Bulukumpa.

“Pelanggaran APK ini terdapat di 12 desa kelurahan. Dimana APK ini milik Calon Legislatif (Caleg) peserta Pemilu 2019 terpasang di tempat-tempat yang terlarang serta jumlahnya melebihi jumlah yang ditentukan oleh KPU,” kata Syamsuddin.

Sementara itu, berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh Divisi Hukum dan Penindakan, Muhammad Jafar mengatakan, pemasangan APK yang dilakukan oleh beberapa peserta pemilu di Kecamatan Bulukumpa tidak sesuai dengan tata cara, prosedur dan mekanisme yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Ini merupakan pelanggaran Administrasi Pemilu sebagai diatur dalam UU nomor 7 tahun 2017 pasal 460 ayat (1). Sehingga untuk penyelesaiannya Panwaslu Bulukumpa merekomendasikan kepada PPK untuk di tindak lanjuti sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Muhammad Jafar. (*)

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved