Pemilu 2019

Direktur Eksekutif Jenggala Center Sebut Banyak Caleg 'Oplosan' di Sulsel

Direktur Eksekutif Jenggala Center, Syamsuddin Radjab, menilai Sulawesi Selatan punya banyak calon anggota legislatif oplosan.

Direktur Eksekutif Jenggala Center Sebut Banyak Caleg 'Oplosan' di Sulsel
dok_facebook/tribun-timur
Dr Syamsuddin Radjab 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Abdul Aziz Alimuddin

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Direktur Eksekutif Jenggala Center, Syamsuddin Radjab, menilai Sulawesi Selatan punya banyak calon anggota legislatif oplosan.

Terutama caleg yang maju bertarung memperebutkan kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Ada 24 jatah kursi senayan di Sulawesi Selatan.

"Caleg oplosan itu orang yang mencalonkan diri sebagai calon legislatif di partai A, tapi sumbangsi suaranya dari partai B. Mereka hanya menunggu support dari suaminya atau sebaliknya. Banyak di Sulsel seperti itu," ujar mantan Direktur PBHI Pusat itu, Rabu (17/10/2018).

Baca: Gara-gara Facebook, Caleg Cantik Golkar Palopo Dipolisikan

"Caleg seperti ini hanya mengharapkan dukungan suaminya yang merupakan kader partai lain. Suaminya ketua Golkar misalnya, istrinya caleg Nasdem, suaminya caleg Golkar, istrinya ketua Gerindra dan kepala daerah," tutur Olleng sapaannya.

Dosen UIN Alauddin Makassar itu pun menilai, hal tersebut merugikan rakyat dan partai.

Rakyat rugi karena memberikan dukungan kepada istri si kepala daerah atas perintahnya.

"Jadi sudah tidak ada lagi yang namanya idiologi partai. Padahal setiap partai masing-masing punya visi dan misi berbeda. Banyak kan suaminya ketua Partai Golkar, istrinya caleg di Nasdem atau istrinya Gerindra suaminya caleg Golkar, atau bapaknya ketua Golkar, anaknya caleg Nasdem dan lain-lain," tegas Olleng.

Olleng mengatakan, caleg oplosan tidak banyak berharap dari partainya. Namun lebih kepada partai yang suaminya pimpin di daerah-daerah.

Baca: Dilaporkan Kasus Penipuan, Caleg PAN Bone Ini Sebut Ada Unsur Politik

"Kalau suaminnya ketua Golkar, istrinya caleg Golkar kan tidak masalah. Apa dampak caleg oplosan jika terpilih? Sulsel makin mundur, karena SDM anggota DPR RI kita semakin mundur. Mereka terpilih karena suaminya, bukan karena apa yang mereka ingin perjuangkan kalau sudah duduk," ujar Olleng.

"Kalau SDM wakil rakyat Sulsel lemah di Senayan, maka jelas mereka sulit memperjuangkan aspirasi masyarakat Sulsel Gubernur juga tersiksa karena tidak punya tandem dalam mewujudkan Sulsel yang lebih baik," katanya.(ziz)

Penulis: Abdul Azis
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved