Tahun Ini, Tana Toraja Tuan Rumah Lovely December

Sebelumnya, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah berencana untuk menunda event tersebut agar anggarannya diutamakan

TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Ratusan penari menampilkan tarian pagellu massal dalam acara Lovely December yang berlangsung di Lapangan bakti, Rantepao Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, Kamis (28/12/2017). Tarian penyambutan khas adat toraja ini ditampilkan oleh seluruh penari perwakilan kecamatan yang ada di Kabupaten Toraja Utara. Rangkaian festival sepadani dan budaya Lovely Desember ini sebagai bentuk sosialisasi berbagai pertunjukkan seni dan budaya yang ada di Toraja. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Event tahunan di bulan Desember disebut Lovely December 2018 masih digelar di Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kegiatan Lovely December sebagai Top 100 Wonderful Event Indonesia 2018 oleh Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI tersebut akan digelar di Toraja namun yang menjadi tuan rumah adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Toraja.

"Event tahunan tersebut masih digelar, namun yang menjadi tuan rumah tahun ini Pemkab Tana Toraja karena tahun lalu Toraja Utara," tutur Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Toraja Utara, Harli Patriatno, Selasa (16/10/2018).

Harli menjelaskan, Pemkab Toraja Utara juga akan menggelar kegiatan perayaan Lovely December sepeti pegelaran seni, festival kopi, dan konteks budaya lainnya serta natal oikumene bersama.

"Kita membuat acara sesuai anggaran yang dikeluarkan nanti dari Pemprov, dan puncak Lovely December dilaksanakan di Tana Toraja," tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah berencana untuk menunda event tersebut agar anggarannya diutamakan ke infrastruktur jalan di Toraja, namun kedua Pemerintah di Toraja ternyata masih melaksanakannya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Tana Toraja Samuel Tande Bura dihubungi TribunToraja.com, mengatakan belum ada kejelasan terkait event Lovely December, sebab ada rencana dan pembicaraan bersama bahwa event tersebut akan diberi nama berbeda.

"Belum ada ketegasan sebagai tuan rumah termasuk nomenklatur kegiatan tersebut, lebih jelasnya bisa tanyakan dengan Kabag Humas Setda atau Dinas Pariwisata," tutup Samuel.

Pihak Dinas Pariwisata dibawah pimpinan pelaksana tugas (Plt) Rospita Napa Biringkanae belum memberikan penjelasan terkait event Lovely December yang akan digelar akhir tahun ini.

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved