Apel Operasi Pilkades, Kapolres Ingatkan Penjara Enam Tahun Bagi Cakades yang Manipulasi Data

Apel tersebut diselenggarakan dalam rangka pemilihan calon kepala desa di 69 desa se Kabupaten Gowa pada 27 Oktober mendatang.

Apel Operasi Pilkades, Kapolres Ingatkan Penjara Enam Tahun Bagi Cakades yang Manipulasi Data
HANDOVER
Apel Gelar Pasukan Operasi Desa Praja 2018 berlangsung di Pelataran Museum Ballalompoa, Selasa (16/10). Apel tersebut diselenggarakan dalam rangka pemilihan calon kepala desa di 69 desa se Kabupaten Gowa pada 27 Oktober mendatang. 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA- Apel Gelar Pasukan Operasi Desa Praja 2018 berlangsung di Pelataran Museum Balla Lompoa, Selasa (16/10/2018).

Apel tersebut diselenggarakan dalam rangka pemilihan calon kepala desa di 69 desa se Kabupaten Gowa pada 27 Oktober mendatang.

Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga, mengatakan apel ini digelar sekaligus simulasi pengamanan pemilihan kades beberapa hari mendatang.

"Apel ini dilakukan agar mencegah terjadinya kecurangan yang bisa saja terjadi jelang pemilihan kepala desa," katanya.

Sedangkan simulasi yang dihadiri oleh calon kepala desa ini bertujuan agar para calon mengerti dan mematuhi peraturan pemilihan yang telah kita buat.

Simulasi yang dilaksanakan yakni pengamanan logistik, simulasi pengamanan pemungutan suara, pengangkutan dari TPS ke kantor desa, simulasi pengamanan penghitungan suara, dan simulasi pengamanan pengangkutan ke kantor camat.

"Pengiriman logistik di setiap desa akan kita lakukan mulai 21 Oktober, diterima oleh P4KD dan memeriksa sekaligus memastikan bahwa tidak ada lagi logistik tersisa, lalu memasukkan ke dalam gudang steril dikatakan steril karena tidak ada yang bisa masuk ke gudang tersebut, setelah itu tanggungjawab P4KD akan beralih ke personil Polres Gowa," katanya.

Terkait kasus dimisalkan pemalsuan dokumen, kata Shinto sesuai pasal 263 KUHP akan dijerat hukuman enam tahun penjara.

Karena itu dirinya berharap, dengan adanya apel dan simulasi ini, segala bentuk kecurangan bisa dihindari jelang pemilihan yang menyisakan beberapa hari lagi itu.

Halaman
12
Penulis: Waode Nurmin
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved