Tim KPK Lakukan Bimbingan Tertib Administrasi di Pemkab Jeneponto

Menurutnya, pertemuan itu merupakan langkah pereventif KPK dalam tindak pidana korupsi.

Tim KPK Lakukan Bimbingan Tertib Administrasi di Pemkab Jeneponto
TRIBUN TIMUR/MUSLIMIN EMBA
Suasana depan ruangan Sekda Jeneponto, lokasi pertemuan petugas KPK dan sejumlah pejabat Pemkab Jeneponto, Jumat (12/10/2018). 

TRIBUNJENEPONTO.COM, BINAMU - Sejumlah petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi kantor Bupati Jeneponto, Jl Lanto Dg Pasewang, Kecamatan Binamu, Jeneponto, Jumat (12/10/2018).

Kedatangan petugas KPK itu disambut bupati Jeneponto Iksan Iskandar, bersama penjabat Sekda Jeneponto, Dr Syafruddin Nurdin.

Sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Jeneponto dikumpulkan dalam satu ruangan.

Ruangan yang ditempati melakukan pertemuan, yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) Jeneponto.

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, dan penjabat Sekda Jeneponto Dr Syafruddin Nurdin, ikut dalam pertemuan itu.

Iksan Iskandar yang sempat keluar di ruang pertemuan itu mengungkapkan, kehadiran petugas KPK untuk melakukan bimbingan menejemen pengelolaan administrasi terhadap pejabat OPD Jeneponto.

"Pertemuan ini, KPK melakukan bimbingan tentang bagaimana tertib administrasi, jadi sebatas melakukan bimbingan," ujar Iksan.

Menurutnya, pertemuan itu merupakan langkah pereventif KPK dalam tindak pidana korupsi.

Selain itu, menurut Iksan, kehadiran KPK juga melakukan evaluasi sejauh mana tertib administrasi yang dilakukan pejabat OPD Pemkab Jeneponto.

"Jadi selain melakukan bimbingan, KPK juga mengevaluasi sistem admnistrasi yang berjalan. Mulai dari perencanaan, tender, pengadaan dan lain-lain," ungkap Iksan.

Langkah itu menurut Iksan, untuk meminimalisir adanya titipan oknum pejabat tertentu dalam mengeksekusi program-program kerja yang ada.

"Supaya tidak adami misalnya DPR kasih masuk anggaran ini, eh bupati kasih masukko proyek ini, tidak adami yang seperti itu karena semua sistem terkoneksi," jelasnya.

Informasi yang diperoleh, petugas KPK yang datang merupakan Deputi Pencegahan KPK.

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved