Syamsul Bachri Sebut Rp 70 T Biaya Orang Sakit Tiap Tahun

Disampaikan Anggota Komisi IX DPR RI ini pada sosialisasi bersama mitra Kemenkes di Desa Mattirotasi, Kabupaten Maros.

Syamsul Bachri Sebut Rp 70 T Biaya Orang Sakit Tiap Tahun
handover
Anggota Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan, Syamsul Bachri, M.Sc, Wakil rakyat asal Sulsel saat sosialisasi bersama mitra Kemenkes di Desa Mattirotasi, Kabupaten Maros, Sabtu (6/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasim Arfah

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Anggota Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan, Syamsul Bachri, M.Sc mengungkapka sebanyak Rp 70 triliun untuk kesehatan setiap tahun.

“Dari angka tersebut, yang ditanggung negara itu Rp 25 triliun,” sebut Wakil rakyat asal Sulsel ini, Sabtu (6/10/2018) pada sosialisasi bersama mitra Kemenkes di Desa Mattirotasi, Kabupaten Maros.

Sisanya, lanjut anggota Fraksi Partai Golkar ini, dibayar masyarakat. Baik melalui BPJS Kesehatan maupun model pembiayaan lain.

Tingginya biaya untuk orang sakit ini, menurut Syamsul Bachri membuat DPR bersama Menteri Kesehatan mencari cara agar bisa dikurangi.

Salah satunya melalui gerakan masyarakat hidup sehat.

Karena itulah, anggota DPR RI, khususnya Komisi IX ditugasi pulang ke daerah masing-masing untuk mengingatkan masyarakat untuk hidup sehat.

“Kalau masyarakat hidup sehat, biaya orang sakit bisa ditekan, maka biaya Rp70 T bisa dialihkan untuk kepentingan lain. Misalnya untuk beasiswa, bangun infrastruktur dan lainnya,” kata Syamsul Bachri via rilis ke Tribun.

Ketua DPP Partai Golkar ini lalu menyebut empat hal untuk hidup sehat. Yakni rajin konsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik untuk kebugaran badan, rutin periksakan diri ke dokter, dan tidak merokok.

Hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Kesehatan Maros, dr Maryam Haba dan Kasubdit Obat dan Pangan Kemenkes RI, Dita Novianti. (*)

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved