Gempa di Donggala

Tak Hanya Makanan, Korban Gempa dan Tsunami di Palu Juga Butuh Terpal

Luasnya daerah wilayah terdampak, tidak sebanding dengan kekuatan tim yang saat ini ada di lapangan.

Tak Hanya Makanan, Korban Gempa dan Tsunami di Palu Juga Butuh Terpal
fahrizal/tribun-timur.com
Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) telah menyalurkan bantuan makanan dan minuman kepada pasien dan keluarga korban gempa bumi yang saat ini berada di Kota Makassar. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, PALU - Tim relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) dan relawan Search and Resceu (SAR) Hidayatullah yang berada di Palu berjibaku dengan kondisi yang memprihatinkan.

Banyak mayat yang belum terevakuasi di titik-titik terdampak gempa dan tsunami, salah satunya di Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu.

Luasnya daerah wilayah terdampak, tidak sebanding dengan kekuatan tim yang saat ini ada di lapangan.

Hingga kini 29 orang relawan Laznas BMH-SAR Hidayatullah dibawah koordinasi Korem 113 Sulawesi Tengah, masih menyusuri puing bangunan dan sepanjang pantai.

Baca: Laznas BMH Bantu Pasien Korban Gempa Sulteng yang Dirawat di Makassar

Baca: Thorig Husler Minta Jajaran Pemkab Lutim Bantu Korban Gempa Palu

Beberapa jenazah terjebak dalam reruntuhan puing-puing bangunan berusaha untuk dikeluarkan. Sebagian yang ditemukan relawan sudah sulit teridentifikasi, terlebih jenazah yang terbawa arus air laut.

Selain melakukan evakuasi, relawan Laznas BMH-SAR Hidayatullah juga mandirikan posko dapur umum di Pesantren Hidayatullah, Kelurahan Tondo, Palu, dan satu unit posko distribusi di Masjid Agung Darussalam, Kota Palu.

Rahmat Wijaya, salah seorang relawan yang dihubungi melalui pesan singkat di lokasi gempa menuturkan saat ini dibutuhkan logistik berupa beras, sayuran, minyak goreng, telur, mie instan, sarung, terpal, peralatan bayi, dan obat-obatan.

Selain itu juga dibutuhkan tambahan alat evakuasi seperti sepatu boots, sekop, linggis, martil, sarung tangan karet, alkohol steril, masker, genset, dan BBM.

“Posko kita saat ini baru dapat melayani 200 korban gempa, selain itu logistik yang kami bawa sudah mulai menipis," ujarnya.

Partisipasi dukungan dari para darmawan untuk dapat menyalurkan donasinya melalui transfer BRI : 3057-01-003964-50-4 (Zakat), Bank Mandiri : 1520057957975 (Infak), BNIS : 137850293 (kemanusiaan) Atas Nama: Baitul Maal Hidayatullah. Tambahan kode 102 akhir transfer. (Contoh: Rp.100.102) Telp. 0411-589475, call center Jemput Donasi 0812 411 5549.(*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved