Dinas Kesehatan Bantaeng Gelar Pelatihan Eliminasi Kusta

Andi Ihsan menjelaskan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk mengeliminasi kasus penyakit kusta dan eradikasi frambusia.

Dinas Kesehatan Bantaeng Gelar Pelatihan Eliminasi Kusta
HANDOVER
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menggelar advokasi, sosialisasi dan pelatihan intensifikasi eliminasi kusta dan eradikasi frambusia di Hotel BM Bantaeng, Jl Bolu, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Senin (17/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Edi Hermawan

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menggelar advokasi, sosialisasi dan pelatihan intensifikasi eliminasi kusta dan eradikasi frambusia di Hotel BM Bantaeng, Jl Bolu, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Senin (17/9/2018).

Kadis Kesehatan Bantaeng, Andi Ihsan menjelaskan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk mengeliminasi kasus penyakit kusta dan eradikasi frambusia.

Dari kegiatan itu diharapkan penyakit kusta dan frambusia bisa disosialisasikan secara masif kepada masyarakat, sehingga meningkatnya kemampuan petugas untuk menemukan kasus kusta dan frambusia.

"Kami harap, setelah kegiatan ini. Sosialisasi tentang penyakit kusta bisa menyeluruh ke masyarakat, sehingga petugas kesehatan juga bisa dengan mudah mengambil tindakan jika menemukan kasus tersebut," ujarnya kepada TribunBantaeng.com.

Tisak hanya kepada masyarakat, tetapi juga diharapkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan petugas dan dokter dalam mengenali dan mendiagnosis kusta dan frambusia.

Begitu juga peningkatan komitmen politik, kebijakan dan dukungan dana dari pemerintah setempat maupun lintas sektor yang diharapkan bisa mendukung terlaksananya kegiatan dengan baik.

"Paling penting dari sini adalah kesadaran masyarakat dalam mengenali penyakit kusta dan frambusia. Agar membantu petugas menemukan kasus tersebut," tuturnya.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan itu bakal digelar selama dua hari. Pada hari pertama untuk 56 lintas sektor dan lintas program, untuk hari kedua untuk 41 dokter dan petugas tehnis.

Narasumber yang dihadirkan adalah Tim Kemenkes RI Irawati Kesumaningsih, Perwakilan Dinkes Sulsel Ahmadi dan Kadis Kesehatan Bantaeng Andi Ihsan. Dipandu Kabid P2P Dinkes Armansyah.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Bantaeng, Ashari Fakhsirie Radjamilo yang dirangkaikan dengan pemasangan rompi penemuan bercak oleh Kadis Kesehatan Bantaeng, Andi Ihsan kepada Pj Bupati Bantaeng. (*)

Penulis: Edi Hermawan
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved