Pemilu 2019

Tambahan Komisioner KPU Kabupaten Dilantik Januari 2019

Pelantikan pada Januari 2019 itu dilakukan karena KPU kesulitan menyeleksi dan melantik semua kabupaten/kota di seluruh Indonesia secara terpisah.

Tambahan Komisioner KPU Kabupaten Dilantik Januari 2019
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Abdul Aziz Alimuddin

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, Misnah M Hattas, memastikan penambahan komisioner KPU kabupaten/kota di Sulsel.

"Iya, ada penambahan anggota KPU. Tetapi itu dilakukan hanya komisioner yang saat ini masih tiga orang. Nanti Januari 2019 dilantik," kata Misnah di Kantor KPU Sulsel, Jl AP Pettarani, Makassar, Senin (27/8/2018).

Misnah menambahkan, pelantikan pada Januari 2019 itu dilakukan karena KPU kesulitan menyeleksi dan melantik semua kabupaten/kota di seluruh Indonesia secara terpisah.

"Maka jadwalnya itu adalah kira-kira Januari. Kalau yang sedang berjalan seleksinya saat MK (Mahkamah Konsitusi) mengeluarkan keputusan menambah jumlah komisioner di kabupaten/kota, itu sudah ditambah oleh tim seleksi, sehingga tidak perlu lagi," kata Misnah.

Baca: Tidak Semua Laporan Masyarakat Soal DCS Diteruskan ke Parpol, Begini Penjelasan KPU Sulsel

"Misalnya pada saat berjalan seleksi di kabupaten/kota,seperti Palopo dan Sinjai itu langsung 10 orang masuk untuk diuji kelayakannya, kalau yang tiga sudah terlanjur, maka ini menunggu kabupaten lain di seluruh Indonesia," tambah Misnah.

Terpisah, Ketua KPU RI Arief Budiman, menyatakan, soal penambahan komisioner KPU kabupaten/kota di seluruh Indonesia itu bisa dilakukan sekarang, tetapi untuk pelantikannya belum.

"Untuk kabupaten/kota soal penambahan anggota KPU kita masih lihat situasinya karena penganggarannya tidak tiba-tiba, tapi kalau untuk BPK kita sudah putuskan nanti kita lantik bulan Januari 2019," ujar Arief.(ziz)

 
 

Penulis: Abdul Azis
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved