Balai Pompengan Jeneberang Bakal Keruk Sedimen Saluran di Gowa Sepanjang 4,23 Km

Kanal dan saluran yang telah dibangun sudah tidak terpelihara dengan baik, bahkan kondisinya pun sangat kotor.

Balai Pompengan Jeneberang Bakal Keruk Sedimen Saluran di Gowa Sepanjang 4,23 Km
Fahrizal/tribuntimur.com
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto melakukan penandatanganan kerja sama antara Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Kodam XIV Hasanuddin, dan Pemerintah Kabupaten Gowa, Selasa (21/8/18). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang, menggandeng TNI Kodam XIV Hasanuddin untuk melakukan pemeliharaan kanal dan saluran yang ada di Kabupaten Gowa dan Kota Makassar.

Kepala BBWS Pompengan Jeneberang Iskandar mengatakan, kanal dan saluran yang telah dibangun sudah tidak terpelihara dengan baik, bahkan kondisinya pun sangat kotor.

"Jujur saja kondisi kanal maupun saluran ada beberapa yang kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi, makanya kami mengajak TNI Kodam ini untuk sama-sama melakukan pemeliharaan agar menjadi bersih," ujarnya, Rabu (22/8/2018).

Di Kabupaten Gowa, kata Iskandar, akan dilakukan pemeliharaan rutin saluran di daerah Kelurahan Tombolo hingga Kelurahan Kalegowa, Kecamatan Somba Opu.

Baca: Jaga Kebersihan Kanal, Wali Kota Makassar dan Bupati Gowa Teken Kerja Sama

"Totalnya itu sepanjang 4,23 KM. Untuk tahap pertama pada saluran Gowa, akan dilakukan galian dan pembuangan sedimen, mengangkat sampah - sampah diatas permukaan air mulai dari yang ada dibelakang Kantor Samsat Gowa sampai Jembatan Kacong Daeng Lalang," paparnya.

Pihaknya juga akan melakukan perbaikan tebing saluran dan pembersihan.

Dan ditargetkan selesai dalam kurung waktu 3-4 bulan kedepan.

Menanggapi hal itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan sangat mengapresiasi program tersebut, menurutnya ini sangat baik dalam mengantisipasi terjadinya banjir.

"Kita bisa melihat bagaimana saluran bisa kelihatan lebih bersih dan sehat, mengantisipasi terjadinya banjir, karena kondisi saluran di Gowa dan Makassar sangat memprihatinkan," ujar Bupati termuda se-Kawasan Timur Indonesia itu.(*)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved