Soal Pasar Sentral, Pj Gubernur Sulsel Beri Tenggat Waktu Hingga Awal September

kesepakatannya semua relokasi pedagang sudah harus rampung minggu pertama September.

Soal Pasar Sentral, Pj Gubernur Sulsel Beri Tenggat Waktu Hingga Awal September
abdiwan/tribuntimur.com
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono memimpin rapat koordinasi dengan pejabat teras Pemkot Makassar di Gedung Balaikota Makassar, atau Kantor Walikota Makassar Jl Jend Ahmad Yani, kota Makassar, Senin (20/8/2018). rapat ini membahas sejumlah masalah yang belum selesai diantaranya kisruh pasar sentral. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pj Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono mempercayakan urusan pasar sentral segera diseeldaikan oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

Sebagaimana arahan Soni Sumarsono saat menggelar pertemuan dengan Pemkot Makassar dan PT MTIR di balaikota, kesepakatannya semua relokasi pedagang sudah harus rampung minggu pertama September.

“Pasar Sentral udah kita percayakan ke wali kota, tapi dengan arahan yang saya lakukan tadi, kita bersepakat. Hari ini, sebenarnya masalah sudah mendekati paripurna. Sudah kesepakatan, termasuk MTIR juga sudah kendor, sudah mengalah banyak untuk kepentingan penyelesaian masalah yang sudah bertahun-tahun ini,” ucap Sumarsono, Senin (20/8/2018).

Menurut Soni, dari hasil pertemuannya dengan pedagang, ia mengatakan mereka pada dasarnya sudah sepakat semua untuk direlokasi masuk ke New Makassar Mall.

"Mereka sudah jenuh dengan berbagai persoalan termasuk cuaca panas di luar. Cuma permintaannya adalah bagaimana meyakinkan mereka ada jaminan mendapatkan tempat di New Makassar Mall," kata dia.

“Saya kira MTIR hari ini sudah menegaskan, seluruh pedagang dijamin akan mendapatkan tempat. Kalau tidak ada segera lapor ke MTIR,” sambung Soni.

Ada pun soal harga, lanjut Soni, dalam teori pasar bertingkat memang dikenal harga dasar, dan harga dasar itu tergantung posisi dan lain-lain.

"Semua proses, bukan di depan diselesaikan, enam bulan diberi waktu, bahkan tidak ditarik retribusi, free, gratis, silahkan enam bulan dicoba dulu,” ujar Soni.

“Sehingga jalan bisa tetap dibuka, diperbaiki, tidak menutup jalan umum, pasar sudah jalan. Saya ke sana (New Makssar Mall) AC sudah jalan, listrik sudah jalan, kamar mandi bersih. Lantai mengkilap, tak ada alasan untuk tidak pindah ke sana,” pungkas Soni lagi.

Minggu pertama bulan September, ditargetkan seluruh relokasi pedagang secara total selesai.

"Tapi proses mulai hari ini bisa dilakukan. Sehingga dipersilakan bagi pedagang yang masing-masing ingin bikin rak dulu, beres-beres dulu, mau menata dulu dagangannya. Tapi batas akhir September harus clear," pungkasnya. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved