Pulang Kampung, 2 Mahasiswa ISI Asal Pinrang Gaungkan HUT RI Lewat Kegiatan Seni

Mereka mengumpulkan puluhan pegiat seni untuk berkolaborasi memamerkan dan mementaskan karyanya.

Pulang Kampung, 2 Mahasiswa ISI Asal Pinrang Gaungkan HUT RI Lewat Kegiatan Seni
handover
Aji Ilham Wiyono (kiri) dan Muh Iqbal Abdullah (kanan). 

Laporan Wartawan TribunPinrang.com, Hery Syahrullah

TRIBUNPINRANG.COM, WATANG SAWITTO - Dua mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta asal Pinrang ini berhasil menggaungkan perayaan HUT Ke-73 RI lewat beraneka ragam kegiatan kesenian.

Keduanya adalah Aji Ilham Wiyono (23) dan Muh Iqbal Abdullah (19). Mereka mengumpulkan puluhan pegiat seni untuk berkolaborasi memamerkan dan mementaskan karyanya.

Kegiatan bertajuk MerdekArt Fest itu dipusatkan di Kreasi Media, Jl Bulu Manarang, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, Jumat-Minggu (17-19/8/2018).

Tak seperti mahasiswa kebanyakan, mereka justru mengisi waktu libur semester dengan suguhan ide dan karya kreatif di kampung halamannya.

"Kami pulang kampung tidak pulang untuk libur, tapi pulang untuk berkarya," kata Ikbal kepada TribunPinrang.com, Senin (20/8/2018).

Sementara itu, Aji menyebutkan, meski dana yang digunakan adalah swadaya, kegiatan itu tetap berlangsung sakral, khidmat dan penuh kemeriahan.

Baca: Rayakan HUT RI, Warga Soreang Lau Maros Gelar Lomba Tradisional

Baca: Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Panitia HUT RI Kecamatan Bontomatene Gelar Malam Kesenian

"Alhamdulillah, marak peserta yang turut andil dalam memeriahkan kegiatan kami. Ada workshop film, sablon, seni rupa, fotografi, pentas seni, dan malam puisi. Ada pula suguhan lomba tradisional, seperti panjat pinang, lari kelereng, balap karung, dan lainnya," jelas mahasiswa Jurusan Teater ini.

Aji menambahkan, dirinya antusias menggaungkan kegiatan seni di Pinrang dilandasi motivasi untuk terus tampil menyuguhkan karya sendiri dan tak melulu melirik karya orang lain.

"Kegiatan ini ruang karya. Sampai kapan kita hanya melihat karya orang lain, kita juga bisa berkarya," tegasnya.

Aji menambahkan, semangat berkreasi dan berkarya di Pinrang harus diasah dan dibudidayakan sejak dini. Apalagi, banyak potensi pemuda Pinrang dalam hal kreatifitas.

"Mari gaungkan karya dan teriakkan prinsip, sampai kapan aku mendengar nama-nama itu, suatu saat dunia berceloteh tentangku dengan berjuta karyaku," pungkasnya.

Beberapa komunitas yang join dalam kegiatan tersebut adalah CoratCoret, Forum Anak Pinrang, KSB Smansa Pinrang, Teater Tapak, Kosakata, Hakuna Matata, Upstory, VDM, Bumblebee , Lamini Story, Galeri ,Lensa Fotografi, Eschool, Bisami Production, Musisi Pinrang Bersatu, MAN Pinrang, dan Sahabat Kita.(*)

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved