BKIPM Mamuju Sulbar Serukan Gerakan Laut Bukan Tempat Sampah

Kegiatan bersih-bersih pantai bertujuan menyerukan gerakan laut bukan tempat sampah kepada masyarakat.

BKIPM Mamuju Sulbar Serukan Gerakan Laut Bukan Tempat Sampah
nurhadi/tribunsulbar.com
Balai Karantina Ikan dan Pengembangan Mutu (BKIPM) Mamuju, Sulawesi Barat, menggelar bersih-bersih pantai di Pulau Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Selatan, Minggu (19/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Balai Karantina Ikan dan Pengembangan Mutu (BKIPM) Mamuju, Sulawesi Barat, menggelar bersih-bersih pantai di Pulau Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Selatan, Minggu (19/8/2018).

Kegiatan bersih-bersih pantai bertujuan menyerukan gerakan laut bukan tempat sampah kepada masyarakat.

Kepala BKIPM Mamuju, Abd Rohman mengatakan kegiatan yang dilaksanakan serentak di 73 titik di Indonesia ini, melibatkan instansi pemerintah kabupaten Mamuju dan provinsi, mahasiswa, masyarakat setempat, Palang Merah Indonesia (PMI) dan sejumlah komunitas pemuda di Mamuju.

"Golongan sampah yang kita pungut atau bersihkan, yakni sampah jenis pecah beling, botol plastik, kantong kresek, logam, karet, dauh-daunan tidak termasuk dalam program bersih-bersih sampai ini," kata Abd Rohman kepada TribunSulbar.com di Pulau Karampauang.

Baca: Soal Pungutan Perayaan HUT RI, Kabag Humas Pemkab Maros: Ada Anggarannya Itu

Baca: Begini Aksi Indonesia Muda Peringati HUT RI, Sederhana Tapi Meriah

Selain dalam rangka menyemarakkan HUT ke-73 RI, kegiatan ini juga dalam rangka mengajak masyarakat, utamanya yang berada di pesisir pantai Indonesia untuk tetap memelihara lingkungan laut agar tidak tercemar dengan sampah.

Puluhan karung sampah yang sudah dikumpulkan ditimbang kemudian dibayar oleh pihak BKIPM lalu dibuang ke TPA Mamuju menggunakan perahu nelayan.

Sebelum meninggalkan Pulau Karampuang, seluruh unsur yang terlibat dalam bersih-bersih pantai menghadap ke laut, membentuk barisan dan berpegangan tangan di bibir pantai lalu menyanyikan lagu Padamu Negeri.

"Jadi kegiatan ini adalah kegiatan nasional dalam rangka HUT ke-73 RI yang dikoordinir oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tujuan yah membersihkan laut dari sampah-sampah plastik yang dapat merusak lingkungan," tuturnya.

Ia berharap, lewat kegiatan ini kesadaran masyarakat tergugah bahwa laut merupakan sesuatu yang harus dijaga bukan justru dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, apalagi sampah plastik yang dapat merusak ekosistem laut.

"Kami memilih Pulau Karampuang sebagai titik bersih-bersih pantai menghadap ke laut karena Karampuang ini adalah tempat wisata di Mamuju, sehingga kita juga ikut berpartisipasi memelihara obyek wisata," tuturnya.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved