Gala'gar Pitu Usulkan Raja Mamuju Huni Rumah Adat

Menanggapi usulan tersebut, Wakil Bupati Mamuju yang juga selaku Ketua DKKM Mamuju, H.Irwan SP Pababari

nurhadi/tribunsulbar.com
Dewan Adat Gala'gar Pitu menggelar 'sitammu uju’ atau pertemuan di rumah jabatan (Rujab) Wakil Bupati Mamuju, Jl. Ahmad Kirang, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Selasa (14/8/2018) malam. 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Dewan Adat Gala'gar Pitu menggelar 'sitammu uju’ atau pertemuan di rumah jabatan (Rujab) Wakil Bupati Mamuju, Jl. Ahmad Kirang, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Selasa (14/8/2018) malam.

Dalam pertemuan tersebut Pue To Kasiwa, H Thamrin Endeng, mengusul kepada pengurus Dewan Kesenian dan Kebudayaan Mamuju (DKKM) Mamuju, agar Raja Mamuju bisa huni rumah adat yang berada di Jl. Ks. Tubun, Kelurahan Rimuku.

Menanggapi usulan tersebut, Wakil Bupati Mamuju yang juga selaku Ketua DKKM Mamuju, H.Irwan SP Pababari, mengaku akan menindak lanjuti usulan tersebut dengan membicarakan dengan pihak terkait.

"Usulan akan tindaklanjuti, jika manfaatnya lebih banyak ketimbang mudaratnya, kita juga akan bicarakan dari sisi semua aspek dan mencari tau dampak positif dan negatifnya, ketika lebih banyak dampak positifnya, jika rumah adat tidak lagi hanya dijadikan monumental. Maka melalui pengurus DKKM akan membuat surat rekomendasi kepada Pemerintah Mamuju untuk ditindak lanjuti,"kata H. Irwan SP Pababari.

H.Anwar Kamil selaku Kadi’ atau salah satu perangkat adat Gala’gar Pitu menitipkan harapan kepada pengurus DKKM untuk pelestarian budaya Mamuju.

Sitammu uju’ mengangkat tema “Tundangngi Allo Campalogana Mamuju” yang artinya menyongsong hari bahagia orang Mamuju dengan mengundang perangkat adat dibawah pimpinan Raja Mamuju (Bali Gau’) H.Andi Maksum Dai dan 16 orang Dewan Pakar kebudayaan Mamuju.

Kegiatan itu dalam rangka silaturahim dan membahas pelestarian budaya Mamuju ke depannya, yang sudah hampir punah dan menampung semua rekomendasi dari para Dewan Pakar tentang penggunaan bahasa dan adat istiadat Mamuju.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved