Bhabinkamtibmas Polres Bulukumba Ini Pernah Ditembak dan Selamat dari Tsunami Aceh

Ia mendapat banyak tugas berat, diantaranya bertugas di Timor Timur, hingga wilayah itu berdiri sendiri dengan nama Timor Leste.

Bhabinkamtibmas Polres Bulukumba Ini Pernah Ditembak dan Selamat dari Tsunami Aceh
firki/tribunbulukumba.com
Brigadir Zainuddin (40 tahun), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Polsek Ujung Bulu. 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Brigadir Zainuddin (40 tahun), resmi menjadi keluarga besar Kepolisian Republik Indonesia (Polri), saat krisis moneter tahun 1998 melanda negeri ini.

Kala itu ia tergabung dalam Satuan Brigade Mobil (Brimob) di Resimen II Kedung Halang, Bogor, Jawa Barat.

Masa-masa awalnya menjalani tugas sebagai anggota Polri langsung dihadapkan dengan medan perang.

Ia mendapat banyak tugas berat, diantaranya bertugas di Timor Timur, hingga wilayah itu berdiri sendiri dengan nama Timor Leste.

"Saat itu senjata lalu lalang di atas kepala," katanya saat ditemui usai melaksanakan Salat Jumat di Masjid Agung Bulukumba, Jumat (10/8/2018).

Sambil memegang sebuah Alquran yang telah ia baca di dalam masjid yang beralamat di Jl Nenas, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu, Bulukumba itu, Zainuddin menceritakan kisahnya sebagai pengayom masyarakat.

Tak sedikit kisah pilu yang telah dilewati oleh pria kelahiran Bulukumba tahun 1978 ini. Termasuk menyaksikan langsung tsunami yang menggulung Aceh tahun 2004 silam.

28 rekannya sesama anggota Polri saat itu dinyatakan meninggal dunia saat bencana yang menelan puluhan ribu jiwa itu terjadi.

"Saat itu air tsunami tidak langsung besar. Yang saya dapat belum setinggi orang dewasa, jadi masih bisa mencari tempat aman. Tidak ada yang mengira bahwa air sebesar itu akan datang, jadi beberapa rekan hanya sibuk mengevakuasi dan mengarahkan warga ketempat aman tanpa memikirkan keselamatannya," katanya.

Halaman
123
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved