Ikatek dan Ika Unhas Turun Lapangan Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

aksi kemanusiaan Ikatek Unhas tersebut menyikapi bencana gempa bumi tektonik 7,0 Skala Richter yang mengguncang Pulau Lombok, Minggu (5/8/2018) lalu.

Ikatek dan Ika Unhas Turun Lapangan Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok - 08082018_ikatek_20180808_120020.jpg
Handover
Ketua Ika Teknik Unhas Haedar A Karim saat mengunjungi RSUD NTB, Rabu (8/8/2018)
Ikatek dan Ika Unhas Turun Lapangan Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok - 08082018_ikatek-1_20180808_120115.jpg
Handover
Perwakilan Ikatek Unhas DPW Bali Nusra menyerahkan bantuan di Posko Bantuan Lombok Tengah, Rabu (8/8/2018).
Ikatek dan Ika Unhas Turun Lapangan Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok - 08082018_ikatek-2_20180808_120642.jpg
Handover
Perwakilan Ikatek Unhas DPW Bali Nusra menyerahkan bantuan untuk korban Gempa Lombok di Kantor Lurah Triwugalih, Lombok Utara, Rabu (8/8/2018)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Saldi Irawan

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ikatan Alumni Teknik Universitas Hasanuddin (Ikatek Unhas) yang didukung oleh Ika Unhas dan Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri (HIMPUNI) kembali melakukan aksi kemanusiaan "Pray for Lombok".

Dikutip dari rilis yang diterima Tribun-Timur.com, aksi kemanusiaan Ikatek Unhas tersebut menyikapi bencana gempa bumi tektonik 7,0 Skala Richter yang mengguncang Pulau Lombok, Minggu (5/8/2018) lalu.

Sejak Senin (6/8/2018) pagi, melalui saluran media sosial WhatsApp group alumni Unhas, telah menginisiasi penggalangan dana. Hingga pagi ini, jam 9:00 Wita, telah terkumpul dana lebih dari Rp.80 juta yang merupakan bantuan alumni Unhas dari berbagai daerah.

Seperti diketahui, gempa tektonik 7,0 Skala Ritcher yang mengguncang Pulau Lombok dan sekitarnya menimbulkan korban jiwa 82 orang, ratusan orang mengalami luka-luka, serta ribuan rumah rusak parah.

“Mari salurkan bantuan kepada suara-saudari kita yang menjadi korban bencana gempa lombok pada rekening atas nama Ikatek Unhas Bali Nusa Tenggara, Nomor rekening Bank Mandiri: 1610003830945,” tulis pimpinan DPP Ikatek Unhas dan Ika Unhas Ir AM Sapri Pamulu PhD.

Sapri yang juga penggiat Perhimpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri (HIMPUNI) mengatakan jika aksi yang dilakukan Ikatek Unhas dan Ika Unhas adalah menjawab panggilan kemanusiaan atas musibah yang dialami warga Pulau Lombok.

Sementara itu, Ketua DPW Ikatek Unhas Bali Nusa Tenggara, Hadi Santoso ST MM menindaklanjuti semangat solidaritas Pengurus Pusat tersebut dengan mengkoordinasi pengurus wilayahnya. Karena hal itu sudah sering dilakukan oleh Ika Teknik Unhas selama ini.

“Pada bencana banjir bandang Kota Bima tahun 2016 silam, DPP IKA Teknik Unhas menyalurkan bantuan lebih dari Rp 200 juta. Kita distribusi langsung ke rumah-rumah warga," kata Hadi Santoso.

"Begitu juga saat terjadi berbagai musibah atau bencana di tempat lain. Seperti di Aceh, Yogya, dan lain-lain Ikatek Unhas dan juga Ika Unhas turun membantu warga yang menjadi korban,” tambah alumnus Teknik Elektro Unhas ini.

Rencananya, jelas Hadi, distribusi bantuan akan segera dilakukan dengan berkolaboarsi Ikatan Alumni Universitas Mataram (Ika Unram) yang merupakan perwakilan HIMPUNI di Lombok.

"Kami masih tetap membuka diri terhadap berbagai pihak yang ingin turut berkolaborasi dalam aksi kemanusiaan ini. Tak hanya bantuan, tapi jika ada pihak yang ingin turun ke lapangan untuk membantu korban," tambah Hadi.

Pada aksi kali ini, Ketua Harian Ika Unhas Prof Idrus Paturusi terjun langsung sebagai memimpin tim medis dan melakukan operasi di RSUP NTB di Mataram.

Pada hari Selasa (7/8/2018) lalu, tidak kurang Prof Idrus melakukan operasi kepada 100-an warga yang menjadi korban gempa bumi di Lombok. Demikian pula pada Rabu (8/8/2018) ini.

Tampak hadir pula di lapangan, Ketum Ikatek Unhas, Ir. Haedar A. Karim. Salah satu direktur di PT Nindya Karya ini turun bersama tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (*)

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Arif Fuddin Usman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved