Besok Pagi Mensos Idrus Marham Terbang ke NTB

Sesuai arahan Pak Presiden Joko Widodo untuk memberi santunan bagi keluarga korban gempa.

Besok Pagi Mensos Idrus Marham Terbang ke NTB
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN
Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Idrus Marham. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, sebanyak 10 meninggal dunia, 40 luka (berat dan ringan), dan puluhan bangunan rumah rusak akibat gempa yang mengguncang wilayah wilayah Lombok dan Sumbawa Nusa Tenggara Barat, serta Bali, Minggu (29/7/2018).

Gempa tersebut berkekuatan 6,4 skala richter. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran persnya menyampaikan, dari 10 yang meninggal dunia, 8 di antaranya berada di Kabupaten Lombok Timur dan 2 lainnya berada di Lombok Utara.

Mendengar kabar tersebut Menteri Sosial (Mensos), Idrus Marham yang ditemui usai membawa obor dari Jl Haji Bau Makassar ke Anjungan Pantai Losari Jl Penghibur Makassar, menuturkan telah menurunkan tim ke sana didampingi Dinsos provinsi dan kabupaten/kota.

"Kabar terakhir (sekitar pukul 17.40 Wita, Minggu (29/7/2018) ada 10 orang yang meninggal, luka-luka kami belum dapat rekapnya," katanya.

Baca: Gempa Bumi di Lombok Hari Ini: 40 Luka, 10 Meninggal Dunia dan Berikut Sebagian Namanya

Baca: Warga Makassar Mengaku Rasakan Getaran, Efek Gempa Bumi di Laut Flores?

Sesuai perintah Presiden Jokowi, agar seluruh korban dibantu. Elite Partai Golkar itu telah menyalurkan bantuan mulai dari pengobatan hingga logistik.

"Tahap awal kita beri bantuan tempat tinggal dengan menggelar tikar dan tenda. Kemudian untuk makan kita buatkan dapur umum, dan keperluan buang air kita hadirkan toilet box," tuturnya.

Mensos turut berbela sungkawa atas kejadian tersebut. Beberapa warga bahkan turis meninggal dalam kejadian tersebut.

"Makanya besok pagi (senin) saya langsung ke sana melihat kondisi terkini. Sesuai arahan Pak Presiden Joko Widodo untuk memberi santunan bagi keluarga korban gempa," katanya.(*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved