Diam-Diam, Ishak Ngeljaratan Tiap Bulan Nasihati Selle KS Dalle

Sepekan sebelum Ishak meninggal dunia di RS Stella Maris, seperti biasa Selle dapat telepon dari gurunya.

Diam-Diam, Ishak Ngeljaratan Tiap Bulan Nasihati Selle KS Dalle
abd aziz
Selle KS Dalle 

TRIBUN-TIMUR.COM - Mengapa kematian Doktorandus Ishak Ngeljaratan MA (1936-2018) begitu membekas, banyak diulas dan viral di media sosial?

Salah seorang muridnya, Dr Dahlan Abubakar MA (66) ternyata punya jawaban rasional.

Kepada Tribun, penulis sekaligus mantan dosen Fakultas Sastra dan Ilmu Budaya Unhas serta mantan pemimpin redaksi mendiang surat kabar harian Pedoman Rakyat ini menjawab;

"Banyak budayawan, seniman atau tokoh Sulsel yang meninggal, tapi mungkin hanya Pak Ishak yang masa pengabdian publiknya paling lama, enam dekade sejak tahun 1960-an," ujar Dahlan yang awal dekade 1970-an jadi mahasiswa Ishak dan sejak 1980-an awal jadi kolega Ishak sebagai pengajar di fakultas sastra Unhas hingga awal 2003 silam.

Bukan hanya bergaul di kalangan pendidik, tokoh agama, jurnalis, aktivis dan profesional, Ishak ternyata merawat persahabatan dengan politisi lintas generasi.

Baca: Opini Syarifuddin Jurdi: Mengenang Ishak Ngeljaratan

Baca: Kolom Abdul Karim: Ishak Ngeljaratan Bukan Kotak Kosong

Selle KS Dalle (46), adalah salah satunya. Selle sejak 2009 lalu jadi politisi dan duduk di parlemen sejak 2014 lalu.

Kini Selle menjabat ketua Fraksi Partai Demokrat di DPRD Sulsel. Di Pemilu 2019 mendatang, Selle kembali dipercaya jadi caleg nomor urut 1 dari daerah pemilihan Soppeng dan Wajo.

Sepekan sebelum Ishak meninggal dunia di RS Stella Maris, Makassar, Senin (16/7/2018), seperti biasa Selle dapat telepon dari gurunya.

"Hampir tiap bulan, atau akhir bulan Pak Ishak menelepon. Pertanyaannya selalu seputar tiga hal, soal kesehatan, soal keluarga dan terakhir relasi sosial," ujar Selle, Sabtu (21/7/2018) siang.

Selle bercerita, saat sebelum bertolak ke Bali, Ishak menelpon Selle yang saat itu tengah puasa syawal dan mempersiapkan rapat paripurna di gedung DPRD. 

Halaman
12
Penulis: Thamzil Thahir
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved