Dekat Pusat Kota Tapi Tiang Listrik Tak Pernah Terpasang di Tana Tekko Bantimurung

Untuk mencegah adanya korban jiwa akibat tersengat listrik, warga sudah sering mengganti batang bambu.

Dekat Pusat Kota Tapi Tiang Listrik Tak Pernah Terpasang di Tana Tekko Bantimurung
ansar/tribun-timur.com
Warga Kampung Tana Tekko, Desa Alatengae, Kecamatan Bantimurung, Maros memperlihatkan kondisi kabel listrik yang ada di daerahnya. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN TIMUR.COM, MAROS - Warga Kampung Tana Tekko, Desa Alatengae, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan mengeluhkan pelayanan PLN Rayon Maros yang dinilai kurang maksimal.

Pasalnya, listrik di kampung yang hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat pemerintahan Maros tersebut belum difasilitasi tiang listrik.

Kabel yang membentang ke rumah warga, hanya terpasang di pohon dan bambu. Bahkan beberapa bagian sudah sampai ke area perkebunan dan persawahan.

Warga setempat, Dg Rammang, Minggu (22/7/2018) mengatakan 103 kepala keluarga (KK) resah dengan kondisi kelistrikan di kampungnya. Jika musim tanam, warga was-was turun ke sawah karena adanya kabel listrik.

Baca: PLN Padamkan Listrik di Mandai hingga Sore Ini

Baca: Tagihan Listrik Turun 80 Persen, Menteri Jonan Ungkap Jika Alat Inilah Dipakainya

Mereka khawatir akan tersengat listrik. Warga juga tidak berani menyentuh langsung kabel saat berada di air. Warga harus mengangkat kabel dengan menggunakan bambu untuk menghindari setrum.

Untuk mencegah adanya korban jiwa akibat tersengat listrik, warga sudah sering mengganti batang bambu yang digunakan sebagai tiang.

"Sudah puluhan tahun ada listrik di sini. Tapi selama itu, kami belum pernah melihat ada tiang listrik yang dipasang. Hanya warga di sini yang berinisiatif mengambil bambu dan menjadikannya tiang," katanya.

Setiap hari, warga dibayang-bayangi dengan rasa cemas. Apalagi desa tersebut sering diterjang angin kencang. Bahkan banjir setinggi satu meter juga kerap terjadi saat musim hujan.(*)

Penulis: Ansar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved