Advetorial

Disperindag Makassar Beri Pelatihan Pengolahan Jamur kepada Industri Kecil dan Rumah Tangga

Sekitar 50 pelaku UKM dari 15 kecamatan diajar mengolah aneka jamur untuk jadi industri skala rumah tangga se-kota Makassar.

handover
Dinas Perdagangan Kota Makassar mengadakan Pelatihan Pengolahan Berbahan Dasar Jamur di Hotel Ramedo, Jalan Pajonga Daeng Ngalle, Makassar, Jumat (5/7/2018). 

TRIBUN-TIMUR.COM - Dinas Perdagangan Kota Makassar mengadakan Pelatihan Pengolahan Berbahan Dasar Jamur di Hotel Ramedo, Jalan Pajonga Daeng Ngalle, Makassar, Jumat (5/7/2018).

Kegiatan yang digelar hingga Sabtu (6/7/2018) dihadiri sekitar 50 orang yang terdiri atas pelaku industri kecil dan rumah tangga se-kota Makassar.

Turut hadir sejumlah pejabat Struktural Dinas Perdagangan Kota Makassar diantaranya Kabid Perindustrian, M Jabbar, serta Kepala Seksi Pembinaan dan peningkatan industri lorong, Zamhir Islamie.

"Kegiatan ini sangat penting karena memberikan pemahaman bagi masyarakat pentinnya teknologi dalam menjalankan suatu usaha," kata Zamhir Islamie, dalam keterangan resminya kepada Tribun, Selasa (10/7/2018).

Beberapa jenis jamur populer di Indonesia, diperkenalkan, dibahas karakter, dan tips mengolahnya menjadi masakan dan pelengkap makanan.

Gagape Jamur Tiram ala SMK Kesehatan Babussalam Boddie, Kecamatan Mandalle Pangkep, Selasa (17 /10/2017).
Gagape Jamur Tiram ala SMK Kesehatan Babussalam Boddie, Kecamatan Mandalle Pangkep, Selasa (17 /10/2017). (munjiyah dirga/tribunpangkep.com)

Dikutip dari portal gallery, dari 70.000 macam jamur yang ada di dunia. Ada beberapa jamur yang dapat dikonsumsi dan juga berbahaya untuk dikonsumsi.

Dari 35 diantaranya sudah dibudidayakan dan hanya 8 dari 35 dikomersilkan untuk skala industri.

Jamur merupakan salah satu jenis bahan makanan yang menyehatkan. Jamur bukan buah maupun sayuran, namun bahan makanan yang satu ini kaya akan antioksidan.

Tanaman jamur atau cendawan dalam ilmu biologi dikategorikan tumbuhan tak ber-klorofil (zat hijau daun) sehingga bersifat heterotrof.

Jamur adalah tumbuhan yang hidup di habitat lembab, mengandung banyak zat organik, sedikit asam dan kurang cahaya.

jamur enoki
jamur enoki (wikipedia)
Halaman
12
Editor: Sakinah Sudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved