Apindo dan Kadin Sulsel Sambut Baik Sistem OSS, Ini Kelebihannya

Sistem OSS disinyalir mampu mempermudah para pengusaha dan pedagang dalam memperoleh izin usaha.

Apindo dan Kadin Sulsel Sambut Baik Sistem OSS, Ini Kelebihannya
TRIBUN TIMUR/MUNAWWARAH AHMAD
Sekretaris DPP Apindo Sulsel, Yusran IB Herald 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) sambut baik peluncuran sistem Online Single Submission (OSS).

Sistem OSS disinyalir mampu mempermudah para pengusaha dan pedagang dalam memperoleh izin usaha.

Sekretaris Dewan Pengurus Provinsi Apindo Sulsel, Yusran IB Herald yang dihubungi, Senin (9/7/2018) menyambut baik inisiatif pemerintah.

"Demi peningkatan investasi, pemerintah memberi kemudahan perizinan yang selama ini masih dianggap belum maksimal, hal bertujuan agar pengurusan perizinan mendapatkan kepastian waktu dan biaya yang selama ini belum memuaskan para pengusaha," kata Yusran.

Oleh karena itu dengan adanya sistem OSS diharapkan terjadi peningkatan investasi terkhusus di Sulsel. "Namun yang paling penting sekarang adalah bagaimana pemerintah mengimplementasikannya di lapangan," ujarnya.

Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sulsel, Zulkarnaen Arief menambahkan, dalam penerapan sistem OSS ini sebaiknya jangan hanya bisa melakukan pengaduan ke pusat saja. Melainkan juga harus diadakan meja-meja bantuan yang disediakan di daerah.

Ketua Kadin Sulsel Zulkarnaen Arief (kiri) menjadi pembicara pada Forum Jurnalis yang membahas tentang Penguatan Kewenangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Sulsel bersama Kepala KPPU Sulsel Ramli Simanjuntak (kanan), di Warkop 212 Jl Boulevard, Makassar, Selasa (25/10/2016).

KPPU Makassar tengah aktif mengevaluasi perjanjian kemitraan dengan UMKM. Di antaranya terkait pengusaha ternak ayam, sektor perkebunan, dan sektor retail.

Langkah KPPU itu ditujukan untuk meminimalisir praktek monopoli dan persaingan usaha yang tidak sehat. tribun timur/muhammad abdiwan
Ketua Kadin Sulsel Zulkarnaen Arief (kiri) 

"Kami juga akan mengawal dan mendukung implementasi dari OSS ini. Kami akan memberikan fasilitasi kepada dunia usaha karena sekarang banyak yang bertanya-tanya apakah ini akan berjalan atau tidak," ujar kata Zul sapaanya.

Secara prinsip Kadin Sulsel sangat setuju, apalagi sepanjang itu demi perbaikan dunia usaha.

"Apalagi untuk UMKM yang di Sulsel ini berjumlah kurang lebih 976 ribuan. Yang selama ini tidak dapat perhatian khusus," katanya.

Akan Disiapkan Tim

Dalam rangka mendukung usaha pemerintah untuk menerapkan sistem OSS ini Apindo dan Kadin akan melakukan beberapa langkah.

Seperti melakukan sosialisasi di pusat dan daerah dan menyiapkan tim yang akan diberikan pelatihan di Kemenko untuk lebih mengerti mengenai sistem OSS ini.

Sekretaris Dewan Pengurus Provinsi Apindo Sulsel, Yusran IB Herald menuturkan, sesuai arahan pusat Apindo-Kadin akan mempersiapkan tim yang akan dilatih di Kemenko agar lebih mengerti teknis.

"Jadi kita harus ada tim yang bisa lebih teknis menangani dan melakukan pelatihan kepada seluruh dunia usaha baik dipusat maupun di daerah," katanya.(aly)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved