Kabar Duka, Ibunda Penulis Lily Yulianti Farid Meninggal Dunia

Kabar ini pun dibenarkan Ami Ibrahim salah satu kerabat Direktur Makassar International Writers Festival (MIWF) tersebut.

Kabar Duka, Ibunda Penulis Lily Yulianti Farid Meninggal Dunia
sanovra/tribuntimur.com
Duta Buku Nasional Najwa Shihab bersama Direktur MIWF, Lily Yulianti melihat perahu pustaka yang bersandar di anjungan pantai losari, Makassar, Kamis (3/5/2018). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Penulis dan Founder Rumata' Artspace, Lily Yulianti Farid berduka. Sang ibunda, Mastinah H Hideng dikabarkan meninggal, Kamis (5/7/2018).

Kabar ini pun dibenarkan Ami Ibrahim, salah satu kerabat Direktur Makassar International Writers Festival (MIWF) tersebut.

"Benar dek, tadi subuh,"tulisnya melalui pesan di Whatsapp saat tribun-timur mencoba mengkonfirmasi.

Ami juga mengatakan, almarhumah telah dimakamkan di Soppeng, Sulawesi Selatan, sore tadi. Sementara Lily Yulianti Farid yang kini menetap di Melbourne, Australia pun tengah dalam perjalanan pulang.

"Malam ini baru take off dari Melbourne menuju Kuala Lumpur. Dari Kuala Lumpur baru terbang ke Makassar dan langsung ke Soppeng," tambahnya.

Pulang Kampung untuk melayat sang Ibu, Lily tak ditemani suami dan anaknya karena adanya urusan yang tak bisa ditinggalkan.

Founder and Direktur MIWF, Lily Yulianti Farid bersama sejumlah penulis membuka Makassar International Writers Festival (MIWF) 2106 yang berlangsung di Fort Rotterdam, Makassar, Rabu (18/5/2016) malam
Founder and Direktur MIWF, Lily Yulianti Farid bersama sejumlah penulis membuka Makassar International Writers Festival (MIWF) 2106 yang berlangsung di Fort Rotterdam, Makassar, Rabu (18/5/2016) malam (TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR)

Baca: Lily Yulianti Farid dan Misi Kemanusiaannya

Namun, melalui akun facebooknya, suami penulis buku Ayahmu Bulan, Engkau Matahari tersebut, Farid Ma'ruf Ibrahim juga mengabarkan kabar duka ini.

"Innalillah wa innailaihi rajiun. Telah meninggal dunia ibu Mastinah H Hideng, Ibu mertua saya, di Soppeng, tadi subuh. Mohon dimaafkan segala kesalahan dan kekhilafan almarhumah.
Semoga Allah SWT melapangkan jalannya di alam kubur. (Farid, Lily Yulianti Farid dan Fawwaz Naufal Farid),"tulisnya.

 

Lily merupakan founder Rumata' yang ia dirikan bersama sahabatnya sekaligus sutradara ternama Indonesia, Riri Riza. Selain MIWF, Rumata' juga memiliki annual event besar lainnya, South East Asian (SEA) Screen Academy yang memberikan pelatihan bagi sineas-sineas muda dari Indonesia Timur.

Ia menghabiskan masa-masa sekolahnya semuanya di Makassar, mulai dari sekolah di SD Pembangunan 3 (SD Sudirman Makassar), SMP Labschool IKIP (SMPN 24 Makassar), SMAN 2 Makassar hingga mengenyam pendidikan tinggi di Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin (Unhas), sebelum ia kuliah di Australia.

Di Australia, Lily menjadi dosen lepas di The University of Melbourne. Selain itu, ia juga tetap menulis, meneliti dan menerjemahkan buku, maupun sejumlah project lain di bidang seni budaya. 

Kenangan bersama sang Ibunda, pernah Lily ceritakan kepada tribun-timur.com. Semasa kecil, Lily juga senang ikut ibunya ke pasar.

Pasar Sawah di Jl Gunung Latimojong menjadi tempat favorit ibunya berbelanja. Hal yang paling ia ingat juga saat itu adalah orang berbelanja dengan ramah lingkungan. Pembeli membawa keranjang belanjaan mereka sendiri

"Tak ada bungkusan plastik, semuanya dibungkus pakai daun atau kertas daur ulang, jadi penggunaan plastik masih sangat jarang,"katanya.(*)

Penulis: Anita Kusuma Wardana
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved