Ribuan Warga Takalar Tonton Pementasan Seni Nakku Ri Pangngadakkang

Berbagai kesenian budaya daerah Makassar seperti angngaru (aru), tarian tradisional, teater dan sejumlah kesenian lainnya

Ribuan Warga Takalar Tonton Pementasan Seni Nakku Ri Pangngadakkang
ihsan/tribuntakalar.com
Maestro gendang Serang Dakko menabuh gendang dalam pementasan seni "Nakku Ri Pangngadakkang Part II" yang diadakan di halaman rumah Ketua Forum Kerajaan dan Kelembagaan Adat se-Sulawesi H Andi Makmur Sadda (AMS), Palleko, Polongbangkeng Utara, Takalar, Rabu (3/7/2018) malam 

Laporan Wartawan TribunTakalar.com, Muhammad Ihsan Harahap

TRIBUNTAKALAR.com, PATTALLASSANG - Sekitar 1.000 warga Takalar menghadiri pentas adat "Nakku Ri Pangngadakkang Part II" di halaman rumah Ketua Forum Kerajaan dan Kelembagaan Adat se-Sulawesi, H Andi Makmur Sadda (AMS), di Palleko, Polongbangkeng Utara, Takalar, Rabu (3/7/2018) malam.

Berbagai kesenian budaya daerah Makassar seperti angngaru (aru), tarian tradisional, teater dan sejumlah kesenian lainnya ditampilkan oleh berbagai sanggar seni seperti Lipang Bajeng Traditional Art, Akkarenam Ataraxia, Royong, Botoa Lassang dan Benteng Sipappa.

"Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemkab Takalar, termasuk Bapak AMS. Para penggiat seni lokal di Takalar sangat bersyukur karena masih ada tokoh seperti AMS yang peduli dengan adat budaya Makassar," kata Ketua Panitia Nakku Ri Pangngadakkang, Andi Wely Fauziah.

Termasuk di antara pengisi acara adalah maestro gendang Serang Dakko.

"Di Palleko ini saya dibesarkan. Polongbangkeng menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari diri dan identitas saya," kata Serang di hadapan AMS yang juga pewaris Pahlawan Nasional H Padjonga Dg Ngalle Karaeng Polongbangkeng XII.

Kegiatan tersebut ditutup menjelang tengah malam. Ribuan warga yang memadati acara tersebut mengaku sangat gembira dengan pementasan yang ditampilkan.

"Ini bisa jadi ajang memperkenalkan anak-anak kita kembali tentang budaya, adat dan kesenian Makassar. Semoga akan ada lagi acara seperti ini," tutur Sangkala Dg Sewang (47) yang mengikuti acara bersama istri dan tiga anaknya.

Penulis: Muhammad Ihsan Harahap
Editor: Mahyuddin
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved