Pulang Praktik Darat, 173 Taruna Polimarim Diterima Kembali ke Kampus, Kemana Saja?

Sebanyak 173 orang taruna-taruni resmi kembali ke kampus setelah selama tiga bulan menjalani praktik di beberapa instansi

Pulang Praktik Darat, 173 Taruna Polimarim Diterima Kembali ke Kampus, Kemana Saja? - 20180703_polimarim_20180704_025243.jpg
handover
Direktur Polimarim Amrin Rani SE MM menerima taruna-taruni Angkatan 2015 yang telah menyelesaikan praktik darat (Prada) di Aula Kampus Polimarim, Selasa (3/7/2018).
Pulang Praktik Darat, 173 Taruna Polimarim Diterima Kembali ke Kampus, Kemana Saja? - 20180703_polimarim_1_20180704_024940.jpg
handover
Direktur Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim) Amrin Rani SE MM menerima taruna-taruni Angkatan 2015 yang telah menyelesaikan praktik darat (Prada) di Aula Kampus Polimarim, Selasa (3/7/2018).

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Direktur Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim) Amrin Rani SE MM menerima taruna-taruni Angkatan 2015 yang telah menyelesaikan praktik darat (Prada) di Aula Kampus Polimarim, Selasa (3/7/2018).

Proses penerimaan taruna-taruni Polimarim Angkatan 2015 tersebut dalam upacara penerimaan. Upacara ini dihadiri jajaran petinggi kampus dan civitas akademi dari lembaga pendidikan pencetak tenaga kepelautan tersebut.

Baca: Wow, Politeknik Maritim AMI Makassar Miliki Liquid Cargo Handling Simulator, Ini Gunanya?

Baca: Akhiri Kuliah, Ini Kegiatan yang Dilakukan Mahasiswa Polimarim AMI di Galangan PT IKI

Sebanyak 173 orang taruna-taruni resmi kembali ke kampus setelah selama tiga bulan menjalani praktik di beberapa instansi, seperti BUMN, perusahaan pelayaran, perusahaan bongkar muat, ekspedisi muatan kapal laut (EMKL) di berbagai pelabuhan, dan lainnya.

"Saya selaku direktur Politeknik Maritim AMI Makassar, menerima taruna-taruni angkatan 2015 yang telah melaksanakan praktik darat (Prada) selama tiga bulan dengan jumlah 173 orang. Untuk selanjutnya proses di kampus Polimarim AMI Makassar,” ujar Amrin.

“Taruna-taruni Polimarim tersebut telah menjalani praktik darat selama tiga bulan lamanya, sejak dilepas pada 1 Februari 2018 lalu,” kata Amrin Rani dalam rilis yang diterima tribun-timur.com, Selasa (3/7/2018).

Baca: Tambah Laboratorium untuk Taruna, Polimarim AMI Bakal Pasang Cargo Handling Simulator

Baca: Dosen Polimarim AMI Makassar Dua Hari Ikut Pelatihan Penyusunan RPS

Amrin menjelaskan, para taruna tersebut tersebar di 47 instansi dalam 9 wilayah di Pulau Jawa/Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Maluku, Maluku Utara, NTB, NTT, Papua, hingga Papua Barat.

Direktur Polimarim Amrin Rani SE MM menerima taruna-taruni Angkatan 2015 yang telah menyelesaikan praktik darat (Prada) di Aula Kampus Polimarim, Selasa (3/7/2018).
Direktur Polimarim Amrin Rani SE MM menerima taruna-taruni Angkatan 2015 yang telah menyelesaikan praktik darat (Prada) di Aula Kampus Polimarim, Selasa (3/7/2018). (handover)

Mereka menjalani prada, lanjut Amrin, sebagai bagian untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama belajar. “Serta juga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang tidak didapat di bangku kuliah,” tambahnya.

Baca: Cetak Pelaut Profesional, Politeknik Maritim AMI Makassar hanya Terima 700-an Taruna

Baca: Politeknik Maritim AMI Makassar Ajak Warga Sekitar Buka Puasa Bersama

Ketua Tim Prada Mursalim M Noer BA SSos yang juga Ketua Jurusan Ketatalaksanaan Pelayanan Niaga (KPN) dan Kepelabuhanan Polimarim AMI Makassar menambahkan, Prada merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti taruna-taruni dari jurusan KPN.

“Instansi tempat praktik darat tersebut seperti PT Pelindo, PT Pelni, Kantor Syahbandar, PT ASDP, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP), PT Meratus Line, PT Tanto Line, PT Logindo Samudera, dan lainnya,” sebut Mursalim.

Baca: Prof Niartiningsih Berharap Politeknik Maritim AMI Masuk 100 PT Terbaik

Baca: Bicara Tantangan Jokowi, Ini Pesan Kepala PPSDM Perla di Wisuda Polimarim AMI

Lembaga atau instansi yang menjadi lokasi praktik darat tersebut, jelas Mursalim, adalah relasi yang selama ini menjalin kerja sama melalui nota kesepahaman dengan kampus Politeknik Maritim AMI Makassar.

Adapun untuk kegiatan praktik bagi jurusan nautika dan teknika, dikenal dengan istilah praktik laut (Prala). Bagi taruna-taruni yang akan mengikuti Prala ini, harus menempuh tes praprala. Demikian juga setelah mengikuti praktik laut ada ujian pascaprala. (*)

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved