Headline News Hari Ini

Caleg DCT Tak Bisa Diganti

Komisioner KPU Sulsel Muslimin, memastikan, calon anggota legislatif yang sudah masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) tidak dapat diganti.

Caleg DCT Tak Bisa Diganti
abdiwan/tribuntimur.com
Partai Demokrat Sulsel menggelar rapat koordinasi teknis (Rakornis) penjaringan dan pendaftaran bacaleg se-Sulsel di Hotel Grand Clarion Makassar, Minggu (3/6). Dalam rapat ini dibahas kesiapan bacaleg di tiap dapil serta kuota keterwakilan perempuan. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -Komisioner KPU Sulsel Muslimin, memastikan, calon anggota legislatif yang sudah masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) tidak dapat diganti.

Usle sapapn akrabnya menjelaskan, calon legislatif hanya bisa diganti jika calegnya masih berstatus Daftar Calon Sementara (DCS).

"Misalnya begini, ada calon terkena masalah hukum satu hari jelang pencoblosan, itu tidak bisa digantikan. Daftar dan kolom namanya dikosongkan dan tidak bisa digeser naik," jelas Usle sapaannya, beberapa waktu lalu.

Usle menambahkan, partai politik tidak dapat mengganti caleg yang sudah masuk dalam DCT karena dikhawatirkan akan mempengaruhi komposisi keterwakilan perempuan.

Selain itu, pihak penyelenggara akan memerlukan waktu tambahan hanya untuk meneliti dokumen dari caleg pengganti.

"Tidak bisa, karena komposisi keterwakilan perempuan dimungkinkan berubah lagi. Dari tiga calon, minimal ada satu perempuan. Kalau semena-mena diganti, bisa berubah komposisi 30 persen keterwakilan perempuan," jelas Usle.

Baca berita selengkapnya di edisi cetak Tribun Timur, Selasa (19/6/2018) hari ini.

Penulis: Abdul Azis
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved