Balai TNTBR Selayar Gelar FGD Penetapan Alur Perlintasan Kapal, Ini Hasilnya

Daerah labuh kapal dengan tonase yang besar disarankan untuk ditempatkan di dua wilayah dalam kawasan TN Taka Bonerate.

Balai TNTBR Selayar Gelar FGD Penetapan Alur Perlintasan Kapal, Ini Hasilnya
handover
Balai Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR) Selayar menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait Penetapan Alur Pelayaran dan Perlintasan, Sistem Rute, Tata Cara Berlalu-lintas dan Daerah Labuh Kapal dalam Kawasan TNTBR di BDLHK Makassar, Rabu (6/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG - Balai Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR) Selayar menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait Penetapan Alur Pelayaran dan Perlintasan, Sistem Rute, Tata Cara Berlalu-lintas dan Daerah Labuh Kapal dalam Kawasan TNTBR di BDLHK Makassar, Rabu (6/6/2018).

Acara tersebut dibuka oleh Asisten II Pemkab Selayar, Arfang Arief. Kepada TribunSelayar.com, Kepala Balai TNTBR Selayar, Faat Rudhianto mengatakan ada sejumlah poin penting yang dihasilkan dari FGD tersebut.

Pertama penetapan peta laut penting untuk keselamatan pelayaran, dan mitigasi kerusakan sumber daya alam, sekaligus mengakomodir kepentingan masyarakat yang akan berdampak pada peningkatan taraf hidup.

Baca: Balai TNTBR Selayar dan WWF-ID Latih Calon Pemandu Selam, Ini Tujuannya

Baca: Kepala Balai TNTBR Selayar Kunjungi Wilayah SPTN I Tarupa, Ini Tujuannya

Kedua hasil penetapan alur pelayaran diharapkan untuk disampaikan ke Pemprov Sulsel untuk sinkronisasi penyusunan rencana pemanfaatan ruang di pulau-pulau kecil, yang saat ini masih tahap penyusunan draft.

Ketiga terkait daerah labuh kapal dengan tonase yang besar (kapal cruise), disarankan untuk ditempatkan di dua wilayah dalam kawasan TN Taka Bonerate. Hal tersebut untuk efektivitas kapal-kapal pesiar menjangkau spot-spot dive dan pulau-pulau berpenghuni di dalam kawasan.

"Setelah FGD ini selanjutnya akan ada rapat finalisasi yang akan dilaksanakan di Jakarta dengan waktu yang belum ditentukan," tambahnya.(*)

Penulis: Nurwahidah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved