Pilwali Makassar 2018

DIAmi Pastikan Lanjut ke PT TUN Jika Gugatan Ditolak Panwaslu

Panwaslu sendiri dijadwalkan akan memutuskan gugatan sengketa yang diajukan tim DIAmi, Sabtu (12/5/2018) mendatang.

DIAmi Pastikan Lanjut ke PT TUN Jika Gugatan Ditolak Panwaslu
FAHRIZAL
Kuasa Hukum DIAmi, Jamaluddin Rustam 

Laporan Wartawan Tribun Timur,, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tim Hukum pasangan Danny Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi) memastikan akan melanjutkan gugatannya ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN), jika gugatannya ditolak Panwaslu Makassar.

Panwaslu sendiri dijadwalkan akan memutuskan gugatan sengketa yang diajukan tim DIAmi, Sabtu (12/5/2018) mendatang.

Hari ini, Tim DIAmi selaku penggugat dan KPU Makassar selaku tergugat telah menyerahkan simpulan hasil musyawarah sidang beberapa terakhir ini kepada Panwaslu Makassar.

Kuasa Hukum DIAmi, Jamaluddin Rustam mengatakan, jika Panwaslu Makassar memutuskan di luar harapan tim DIAmi, ia mengaskan langkah hukum selanjutnya akan terus dilakukan.

"Kalau ditolak tentu kita mengajukan upaya hukum ke PT TUN. Kalau dikabulkan yah dalam waktu tiga hari harus dilaksanakan, tapi kalau putusan lain yah kita ajukan lagi, inilah mekanisme sesungguhnya. Inilah sebenarnya objek sengketa yang sebenarnya karena terbitnya SK KPU yang merugikan salah satu pasangan," kata Jamaluddin usai menyerahkan kesimpulan ke Panwaslu, Rabu (9/5/2018).

Meski demikian, Jamaluddin yakin gugatan DIAmi akan diterima Panwaslu, melihat fakta hukum dannpandangan para ahli selama proses musyawarrah sengketa.

"Kalau saya melihat fakta hukum dan norma yang ada. Kita kembalikanlah ke majelis musyawarah, tapi kami berkeyakinan diterima karena dukungan semua ahli, dan pada prinsip dasarnya adalah kewenangan menangani perkara ini diserahkan sepenuhnyan ke Panwas karena pemohon memiliki legal standing. Tapi keputusannya tetap kita serahkan ke Majelis hakim," ucapnya.

"Mudah-mudahan saja Panwas mengabulkan gugatan kami dengan melihat fakta persidangan," pungkasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, tim DIAmi mengajukan gugatan ke Panwaslu setelah KPU Makassar mendiskualifikasi mereka dalam kontestasi Pilkada Makassar. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved