Breaking News:

Pilwali Makassar 2018

Masih Adakah Peluang DIAmi di Pilwali? Ini Penjelasan Prof Marwan Mas

Marwan mengatakan objek sengketa yang dipersoalkan sebenarnya sudah pernah diperiksa di Panwas Makassar.

Penulis: Hasan Basri | Editor: Imam Wahyudi
Prof Dr Marwan Mas SH MH 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pengamat Hukum Universitas Bosowa (Unibos), Prof Marwan Mas menilai pengajuan gugatan ke Pengawas Pemilu (Panwaslu) atas putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah hak pasangan Mohammad Ramadhan Pomanto dan Indira Mulyasari Paramastuti Ilham (DIAmi).

Meskipun dasar Keputusan KPU Makassar yang mendiskualifikasi pasangan DIAmi dikeluarkan atas perintah putusan Mahkamah Agung sebagai peradilan tertinggi.

"Jika kemudian pihak DIAmi juga menggugat keputusan KPU Makassar dengan nomor 64/2018 terkait diskualifikasi pencalonan DIAmi yang didasarkan atas perintah putusan MA, tentu sah saja,"kata Prof Marwan Mas.

Apalagi kata Marwan, persoalan ini sudah diproses secara musyawarah oleh Panwas Makassar. Marwan mengatakan objek sengketa yang dipersoalkan sebenarnya sudah pernah diperiksa di Panwas Makassar.

Dimana Panwas memutuskan tidak ada pelanggaran administrasi terkait Pasal 71 ayat (3) UU Pilkada. Namun, PT TUN justru memutuskan terjadi pelanggaran sehingga pasangan DIAmi dinyatakan melanggar dan didiskualifikasi.

"Tentu saja masih ada peluang, karena permohonannya sedang diproses Panwas Makassar, bahkan juga kabarnya mengajukan permohonan untuk diperiksa lagi di MA," ujar Marwan

Kendati demikian, putusan itu tetap ada ditangan KPU. Apakah hasilnya akan membenarkan perintah putusan MA yang menjadi dasar bagi KPU Makassar mengeluarkan keputusan diskualifikasi bagi pasangan DIAmi dari calon Walikota Makassar, atau sebali

"Kita tunggu saja hasil dari kedua institusi itu, apakah akan ada kepastian hukum dalam proses demokrasi ini," Ujar Marwan Mas.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved