Pinrang Tuan Rumah Kemah Tahfidz se-Sulsel

Ketua Panitia, Andi Aras mengatakan, ada beberapa cabang lomba yang diadakan dalam kegiatan tersebut.

Pinrang Tuan Rumah Kemah Tahfidz se-Sulsel
hery/tribunpinrang.com
Pembukaan kemah tahfidz di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Punnia Labumpung, Kecamatan Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang. 

Laporan Wartawan TribunPinrang.com, Hery Syahrullah

TRIBUNPINRANG.COM, MATTIRO BULU - Sejumlah santri dari berbagai pesantren Muhamadiyah se-Sulsel menggelar kegiatan Kemah Tahfidz dan Bahasa.

Kegiatan yang digelar oleh Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) Sulsel itu dipusatkan di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Punnia Labumpung, Kecamatan Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang, Kamis - Sabtu (3-5/5/2018).

Kegiatan ini dibuka dengan parade drum band dan karnaval yang disaksikan langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah, Drs Goodwill Zubair dan Ketua DPW Muhammadiyah Sulsel, Prof Dr Ambo Asse.

Ketua Panitia, Andi Aras mengatakan, ada beberapa cabang lomba yang diadakan dalam kegiatan tersebut.

"Di antaranya kemampuan berbahasa, baik dalam menulis maupun berpidato dengan menggunakan Bahasa Arab dan Inggris," katanya dalam rilis yang diperoleh TribunPinrang.com, Jumat (4/5/2018).

Selain itu, kata Aras, kegiatam lomba lainnya adalah qiraatul kutub (baca kitab gundul), hafal Alquran, hafal hadits arbain (40 hadits), tilawatil Quran, keterampilan baris-berbaris berbahasa Arab, nasyid, al fuqaha (stand up comedy), serta lomba pioneering (membuat miniatur).

"Kegiatan ini diikuti oleh santri tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah, untuk putra maupun putri yang telah hafal Alquran juz 30," jelasnya.

Aras menambahkan, Kemah Tahfidz yang ketiga ini mengusung tema 'Pesantren Muhammadiyah yang Unggul dan Berdaya Saing sebagai Pusat Kaderisasi Ulama'.

“Tujuan adalah silaturahim dan saling tukar pengalaman antara para guru dan pembina pesantren, serta melatih dan mengembangkan kemandirian dan kreativitas santri menuju Islam berkemajuan," pungkasnya.

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved