Breaking News:

citizen reporter

Gelar Tudang Sipulung, Ini yang Dibahas IKA Unhas Perwakilan Balikpapan

Acara dipandu Pemred Tribun Kaltim Abdul Khaerah dan drg Ahmad Jais MH MARS selaku Ketua IKA Unhas Perwakilan Balikpapan.

Penulis: CitizenReporter | Editor: Jumadi Mappanganro
Prof Dr drg HA Arsunan Arsin bersama pengurus IKA Unhas Perwakilan Balikpapan usai tudang sipulung di Hotel Menara Bahtera, Balikpapan, Minggu (29/4/2018). 

Prof A Arsunan Arsin
Majelis Pakar PP IKA Unhas
Melaporkan dari Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) perwakilan Balikpapan menggelar diskusi yang dikemas dalam bentuk tudang sipulung, Minggu (29/4/2018).

Bertempat di Hotel Menara Bahtera Balipkpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Pada acara ini saya diundang sebagai keynote speaker dalam kapasitas Majelis Pakar Pengurus Pusat IKA Unhas.

Acara dipandu Pemred Tribun Kaltim Abdul Khaerah dan drg Ahmad Jais MH MARS selaku Ketua IKA Unhas Perwakilan Balikpapan.

Pada tudang sipulung ini berbagai hal terkait keberadaan alumni, khususnya yang berkarier di Kalimantan Timur, dibicarakan.

Di antaranya tentang peran alumni terhadap almamater, interkoneksitas antaralumni, dan kontribusi alumni untuk pembangunan bangsa.

Pada poin peran alumni terhadap almamater, alumni dapat berperan sebagai katalis dengan memberikan berbagai masukan kritis dan membangun kepada alamamater.

Selanjutnyua alumni yang berprestasi dan memiliki kompetensi mumpuni dapat memainkan fungsi masing-masing dalam membentuk opini publik dalam membangun citra positif dan menciptakan jaringan untuk kebesaran almamater Unhas.

Serta alumni dapat memberikan gambaran dan inspirasi kepada mahasiswa sehingga dapat memotivasi dalam menentukan arah cita-cita ke masa depan.

Pada poin interkoneksitas antar alumni, untuk membangun jejaring yang luas maka alumni dituntut untuk mensinergikan potensi setiap alumni dan dikembangkan dalam bentuk kerjasama yang terencana dan berkesinambungan.

Untuk itu pada setiap even kegiatan, apakah dalam bentuk reuni dan semacamnya, alumni diharapkan tidak menghabiskan waktu hanya untuk bernostalgia dan kangen-kangenan saja.

Tapi lebih dari itu, ada nilai praksis untuk menyalurkan kiprah sesama alumni Unhas.

Pada poin kontribusi alumni untuk kehidupan berbangsa, alumni dapat membantu sesama alumni lainnya untuk mendapatkan peluang berkontribusi pada bangsa.

Misalnya bagaimana alumni saling membantu satu sama lainnya dalam memainkan peran dan saling mendukung untuk memperjuangkan serta menciptakan ruang bagi alumni untuk berkontribusi dalam kehidupan berbangsa.

Acara tudang sipulung IKA Unhas perwakilan Balikpapan ini berlangsung dalam suasana kekeluargaan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved