Pilkada Enrekang 2018

Tercyduk Hadiri Kampenye MB-Asman di Anggeraja, Tiga Kades Diperiksa Panwaslu

Jika terbukti akan disodorkan ke sentra penegak hukum terpadu (Gakumdu) Panwaslu Enrekang

Tercyduk Hadiri Kampenye MB-Asman di Anggeraja, Tiga Kades Diperiksa Panwaslu
m azis albar/tribunenrekang.com
Sekretariat Panwaslu Kabupaten Enrekang, Jl Arif Rahman Hakim, Kelurahan Juppandang, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Enrekang telah memeriksa tiga kepala desa di Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Tiga kepala desa yang diperiksa tersebut adalah, Kepala Desa Tindalun, Siambo dan Singki. Pemeriksaan tiga kepala desa tersebut lantaran ketiganya terlihat menghadiri sosialisasi kampanye dari Pasangan calon Muslimin Bando (MB)-Asman di Desa Siambo, Kecamatan Anggeraja.

"Iye kemarin tiga kepala desa itu kita sudah panggil untuk dimintai kelarifikasinya terkait kehadiran mereka di acara Paslon," kata Komisioner Divisi pengawasan Panwaslu Enrekang, Mustamin kepada TribunEnrekang.com, Selasa (24/4/2018).

Ia menjelaskan, saat ini Panwaslu masih melakukan pengkajian terkait hasil klarifikasi ketiga Kades tersebut. Jika terbukti akan disodorkan ke sentra penegak hukum terpadu (Gakumdu) Panwaslu Enrekang untuk diberi penindakan.

"Ini masih sementara kita kaji soal kehadiran mereka disana, apalagi alasannya kemarin katanya hanya tak sengaja singgah di acara itu, tapi itu tidak serta merta kita terima karena masih kita selidiki terus," tuturnya.

Ia menambahkan, jika memang terbukti terlibat langsung dalam proses kampanye itu maka para Kades tersebut telah melakukan pelanggaran kampanye.

Karena seharusnya berdasarkan Undang-undang Desa kepala desa harus netral dalam proses pemilihan.

"Kalau memang terbukti mereka bisa dikenakan hukuman pidana minimal 1 bulan dan denda minimal Rp 1 juta sesuai UU Pilkada nomor 10 tahun 2016," tuturnya.(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved