Komponis Ananda Sukarlan Buka Kelas di Makassar, Catat Tanggalnya

Ini atas undangan Makassar International Writers Festival (MIWF) bekerja sama dengan Grazioso Music.

Komponis Ananda Sukarlan Buka Kelas di Makassar, Catat Tanggalnya
handover
Komponis yang juga pianis Ananda Sukarlan (50) akan mengunjungi Makassar lagi awal Mei depan. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Komponis yang juga pianis Ananda Sukarlan (50) akan mengunjungi Makassar lagi awal Mei depan.

Ini atas undangan Makassar International Writers Festival (MIWF) bekerja sama dengan Grazioso Music.

Untuk pertama kalinya, para pemusik muda Makassar akan bisa mendapatkan pendidikan cara membuat komposisi musik dari seorang maestro yang sudah diakui dunia.

Pengenalan untuk komposisi musik ini merupakan 3 sesi kelas dalam 3 hari, masing-masing 1,5 jam pada (4-6/5/2018) mendatang di Grazioso, Jl Onta Lama No 47 Makassar.

Dalam rilis resmi Grazioso, Kamis (12/4/2018), mereka yang hadir nantinya tidak akan langsung bisa menulis musik yang canggih atau scoring untuk film, karena itu butuh pematangan selama bertahun-tahun.

Baca: Grazioso Bakal Gelar Konser Musik Klasik, Hadirkan Violinis Eropa

"Tetapi mereka akan saya ajak aktifkan otaknya untuk mendapatkan ide-ide musik, menyerap semua inspirasi dan bagaimana cara mengembangkannya secara sederhana dalam 3 hari itu," ujar Sukarlan.

Para peminat diharuskan bisa membaca not balok dengan cukup fasih, telah belajar memainkan instrumen paling tidak selama 2 tahun dan minimum berusia 12 tahun.

"Setiap hari mereka juga akan diberi pekerjaan rumah, sehingga diharapkan mereka bisa meluangkan waktu setelah mereka pulang setiap hari untuk mencerna hal-hal yang dibicarakan di kelas," katanya.

Baca: Polri Terima Bintara Musik dan Bintara Kimia, Ini Jadwal Pendaftaran dan Syaratnya

Selain itu, Ananda juga akan aktif di MIWF dalam berbagai diskusi dengan beberapa penulis, karena Ananda telah banyak membuat musik dari puisi serta cerpen.

Di luar itu, Ananda juga akan memberi beberapa masterclass piano di Grazioso, untuk menyongsong kompetisi piano terbesar di Indonesia, Ananda Sukarlan Award yang akan diadakan 11-15 Juli di Jakarta.

Yang berminat mengikuti berbagai kegiatan Ananda di Makassar, silakan langsung ke Grazioso Music. (*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved